Siswa Baru Ikuti ‘’Sisya Upanayana’’, Sekolah Bali Dewata ‘’The Best of The Best’’

KETUA Yayasan Pendidikan Gita Asrama Mandala, I Wayan Cahyadi Adiguna; bersama Kasek Ni Ketut Sutarsih, Ni Kadek Bayu Sintha Sri Utami, dan jajaran SMK Bali Dewata serta SMK Kesehatan Bali Dewata usai pelaksanaan upacara Sisya Upanayana, Jumat (12/8/2022). Foto: ist
KETUA Yayasan Pendidikan Gita Asrama Mandala, I Wayan Cahyadi Adiguna; bersama Kasek Ni Ketut Sutarsih, Ni Kadek Bayu Sintha Sri Utami, dan jajaran SMK Bali Dewata serta SMK Kesehatan Bali Dewata usai pelaksanaan upacara Sisya Upanayana, Jumat (12/8/2022). Foto: ist

DENPASAR – Secara formal memang siswa-siswi SMK Bali Dewata, SMK Kesehatan Bali Dewata, PAUD Bali Dewata, dan TK Gita Yani Kumara, sudah diterima menjadi warga baru saat penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Namun, hal itu belum cukup.

Bertepatan dengan Purnama Karo, Jumat (12/8/2022), siswa baru di bawah nauangan Yayasan Pendidikan Gita Asrama Mandala itu diterima secara niskala. Para siswa secara khusyuk natab banten dalam upacara Sisya Upanayana yang di-puput Jro Mangku Guru Ketut Bagus.

Bacaan Lainnya

Upacara Sisya Upanayana dihadiri seluruh pimpinan unit yakni, Kepala PAUD Bali Dewata, AA Oka Purnamawati; Kepala TK Gita Yani Kumara, Ni Made Sunarti, S.Pd., AUD.;  Kepala SMK Bali Dewata, Ni Ketut Sutarsih, SE.; dan Kepala SMK Kesehatan Bali Dewata, Ns. Ni Kadek Bayu Sintha Sri Utami, S.Kep., M.Pd., beserta jajaran guru dan pegawai. Upacara juga diikuti Ketua Yayasan Pendidikan Gita Asrama Mandala, I Wayan Cahyadi Adiguna, SE.

Siswa yang mengikuti Sisya Upanayana, menurut Kepala SMK Bali Dewata, Ni Ketut Sutarsih, sebanyak 481 siswa, masing-masing 30 siswa TK Gita Yani Kumara, PAUD Bali Dewata (30), SMK Bali Dewata 324 siswa dari program keahlian Akomodasi Perhotelan, Jasa Boga, Multimedia, TKJ, dan Akuntansi, serta 97 siswa SMK Kesehatan Bali Dewata dari program keahlian Keperawatan dan Farmasi. Upacara ini juga diikuti sejumlah orangtua siswa, sekaligus matur piuning anaknya sudah diterima di SMK Bali Dewata dan SMK Kesehatan Bali Dewata. Orangtua siswa mengaku bangga anaknya bisa diterima di sekolah Bali Dewata yang dikenal berkualitas ini.

Baca juga :  Memaknai Petinget Tumpek Uye, Disdikpora dan PGRI Kota Denpasar Tebar 4.000 Bibit Lele di Tukad "Korea"

Ketut Sutarsih bersama Kepala SMK Kesehatan Bali Dewata, Ns. Ni Kadek Bayu Sintha Sri Utami, S.Kep., mengutarakan, upacara Sisya Upanayana adalah penobatan dimulainya calon siswa menjadi siswa. Intinya, penyucian dengan pawintenan agar mereka siap menerima ilmu pengetahuan sehingga mengharmoniskan perilaku satwika, rajasika, dan tamasika. Dimana gurunya sakti memberi pelajaran, dan para siswa sakti menerima pembelajaran dan pembinaan.

Ketua Yayasan Pendidikan Gita Asrama Mandala, I Wayan Cahyadi Adiguna, mengungkapkan rasa terima kasihnya pemangku kepentingan sekolah Bali Dewata kini makin bersemangat bekerja. Rasa kebersamaan ini patut dipupuk dibarengi dengan sikap ngayah, profesional serta tegas membangun identitas bangsa.

Soal upacara Sisya Upanayana, kata dia, melibatkan guru-guru agar keduanya siap belajar dan mengajar. Inilah yang ia sebut dengan keterikatan sisya dan siwa di Bali.

Di sisi lain, dia berharap PPDB di sekolah negeri pada tahun-tahun ke depan lebih baik lagi secara sistem. Dan, masyarakat diharapkan sudah bisa memilih sekolah yang baik.

Ia juga berterima kasih kepada masyarakat yang semakin percaya dengan SMK Bali Dewata dan SMK Kesehatan Bali Dewata. Kepercayaan ini akan dibalas dengan peningkatan mutu pendidikan, pelayanan akademis terbaik, fasilitas terbaik pula dan bertekad menjadikan SMK Bali Dewata dan SMK Kesehatan Bali Dewata the best of the best. Dengan demikian, masyarakat tak rebutan lagi ke sekolah negeri, tapi langsung menjadikan SMK Bali Dewata dan SMK Kesehatan Bali Dewata sebagai pilihan pertama.

Baca juga :  Hendra/Ahsan Akan Berusaha dengan Kemampuan Terbaik Hadapi Juara Yonex Thailand Open

Cahyadi juga memotivasi siswa baru untuk bangga menjadi menjadi anak sekolah di swasta yang bisa menyalip negeri. Siswa juga diminta selalu menunjukkan disiplin dan berkarakter Bali yang baik sebagai ciri khas sekolah Bali Dewata. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.