Sempat Hilang Saat Melaut dari Muaya, Andi Ditemukan Selamat

  • Whatsapp
NELAYAN Banyuangi, Andi yang sempat hilang sehari saat melaut, akhirnya ditemukan selamat. foto: ist

MANGUPURA – Setelah sempat dikabarkan menghilang saat melaut dari Pantai Muaya Jimbaran, Rabu (26/8/2020), nelayan Banyuwangi bernama Andi (33) akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat, Kamis (27/8/2020). Ia diketahui diselamatkan oleh kapal ikan dari Banyuwangi, yang saat itu melintas.

Kepala Kantor Basarnas Bali selaku SMC, Gade Darmada, S.E., M.AP., menerangkan, pihaknya mendapatkan informasi tersebut dari pemilik kapal yang dipergunakan Andi melaut pada pukul 08.55 Wita. Dimana pemilik kapal yang bernama Ketut Samson itu sempat berkomunikasi dengan korban, sehingga hal itu diteruskan kepada pihak Basarnas.

Ia mengatakan bahwa sejak Rabu kemarin mesin jukung korban mengalami masalah dan terombang ambing di perairan. Beruntung ada kapal ikan yang membantu kemudian jukung diikat dan lego jangkar di sekitar Perairan Uluwatu, sembari menunggu pertolongan dari tim SAR.

Baca juga :  Kodam IX/Udayana Terima 291 Koli Alkes dari Mabes TNI

“Tim Basarnas sudah melakukan pencarian sejak pagi menggunakan RIB, setelah terima kabar penemuan mereka segera bergeser ke lokasi target,” ungkapnya.

Di lokasi berbeda, Kepala Seksi Operasi Basarnas Bali, Anak Agung Ketut Alit Supartana bersama personil lainnya berkoordinasi dengan pihak keluarga dan pemilik jukung. Mereka kemudian menurunkan 1 buah jukung untuk ikut melakukan pencarian. Pihak Basarnas sendiri diketahui sempat kesulitan dalam menjalin komunikasi dengan korban.

Namun ketika korban berhasil diselamatkan oleh Kapal Palar Muda, komunikasi bisa dilakukan kembali melalui telepon genggam dan membantu menentukan titik pencarian. “Pada pukul 10.35 Wita Andi berhasil ditemukan pada posisi 8°45’27.62″S-115°1’4.96″E. Tim SAR turut mengawal penarikan jukung hingga sandar untuk bisa memastikan mereka tiba dengan kondisi selamat. Berselang kurang lebih 1 jam kami bersama korban berhasil sandar di Pantai Muaya,” paparnya. 023

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.