Selain E-KTP, Warga Karangasem Bisa Buat KTP Digital

KEPALA Disdukcapil Karangasem, I Made Kusuma Negara. Foto: ist

KARANGASEM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karangasem bersiap sosialisasi ke warga terkait pembuatan KTP Digital. Artinya, selain memiliki KTP Elektronik (E-KTP) fisik, warga Karangasem juga bisa membuat atau memiliki KTP Digital.

Kepala Disdukcapil Karangasem, I Made Kusuma Negara, Senin (16/1/2023) menyampaikan, secara masif KTP Digital memang belum dilaksanakan. Untuk sementara ini pembuatan KTP Digital baru dilaksanakan di internal Disdukcapil, Dinas Perizinan dan OPD di Pemkab Karangasem.

Bacaan Lainnya

“Kami akan lakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk pembuatan KTP Digital tahun 2023 ini. KTP Digital hampir sama dengan E-KTP, bedanya KTP Digital tidak perlu dicetak, sehingga lebih efisien serta tidak rawan hilang seperti E-KTP,” terangnya.

Dia menguraikan, E-KTP tetap bisa digunakan, dan memang masih sangat dibutuhkan dalam berbagai pengurusan administrasi. Seperti urusan di perbankan dalam pengajuan kredit, pengurusan pembayaran pajak kendaraan bermotor atau samsat, pembelian tiket dan boarding pass di bandara.

Hanya, dia mengakui ada beberapa kendala untuk memasyarakatkan KTP Digital. Misalnya warga harus memiliki HP Android versi terbaru yang mendukung aplikasi KTP Digital, karena ada beberapa HP Android tidak mendukung aplikasi KTP Digital.

Baca juga :  Warga NTB Diminta Tak Terprovokasi Isu Politik Menyesatkan

Pembuatan KTP Digital, ungkapnya, langkah yang harus dilakukan adalah mengunduh Aplikasi Identitas Digital (PPID Kemendagri) di Play Store di ponsel Android. Kemudian masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email dan nomor ponsel. Langkah selanjutnya yakni melakukan verifikasi data lewat face recognition atau verifikasi wajah.

Selanjutnya pemohon diminta melakukan verifikasi email, dan setelah berhasil kembali ke menu aplikasi ID dan login KTP Digital tersedia di menu utama beserta Kartu Keluarga (KK), NPWP, Kepemilikan kendaraan, data Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan kartu Vaksinasi Covid-19.

“Setelah semua langkah tersebut dilakukan, lanjut pemohon bisa melakukan scan barcode atau QR di Kantor Disdukcapil Karangasem untuk aktivasi KTP Digital,” pungkasnya. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.