Salam Peduli Kesehatan Ibu Hamil dan Balita di Mataram

  • Whatsapp
PARA bidan Salam Menyapa yang akan berkeliling ke semua wilayah di Mataram guna menjaga kesehatan ibu hamil, balita dan anak di Mataram. Foto: rul
PARA bidan Salam Menyapa yang akan berkeliling ke semua wilayah di Mataram guna menjaga kesehatan ibu hamil, balita dan anak di Mataram. Foto: rul

MATARAM – Masalah kesehatan ibu hamil, balita dan anak di Kota Mataram pada masa pandemi menjadi atensi paslon nomor urut 2 Pilkada Mataram, Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan (Salam). Paslon dengan slogan “Jilbab Hijau” itu kembali meluncurkan program, kali ini Bidan Salam Menyapa di Kota Mataram. “Bidan Salam Menyapa ini bertujuan untuk mencegahstunting pada balita maupun anak-anak,” kata Selly Andayani, Senin (19/10/2020).

Menurut Selly, program ini sebagai jawaban aspirasi terkait peliknya edukasi kesehatan ibu hamil, balita dan anak. Sebab, posyandu berhenti memberi layanan kesehatan rutin akibat pandemi. Kondisi itu mengakibatkan para ibu-ibu tidak dapat konsultasi dan mengikuti penyuluhan terkait cara menjaga kandungan dan merawat anak balita. 

Bacaan Lainnya

Selly yang sempat menempuh pendidikan di Belanda ini menguraikan, melalui program Bidan Salam Menyapa, dia ingin berbagi kehidupan di tengah-tengah warga kurang mampu guna memberi konseling atau edukasi cara menjaga kandungan dan merawat balita agar tumbuh menjadi generasi cemerlang. Para bidan dan relawan Salam hadir, terutama di kantong-kantong yang sulit mengakses layanan kesehatan.

Atensi Bidan dan Ibu Hamil

Marliana, ibu muda dengan balita berusia 2 tahun 9 bulan mengaku merasa lebih nyaman ketika ada layanan konsultasi gratis menjaga kesehatan ibu dan janin itu. “Dengan Bidan Salam Menyapa ini, tentu kami yang punya balita sangat terbantu,” pujinya.

Baca juga :  Atasi Covid-19, Bupati Bangli Telah Lakukan Upaya Konkret

Devi Fitri, warga Lingkungan Taman Seruni, Kelurahan Taman Sari Ampenan, berterima kasih atas penyuluhan kesehatan oleh Salam, karena membantu mengetahui perkembangan anak yang dihadapi ibu hamil. “Kami berharap kegiatan ini dilakukan berkala dan berkesinambungan pada masa pandemi ini,” pintanya.

Tim Bidan Salam Menyapa, Yesvi Zulfiana, menyebut relawan Bidan Salam Menyapa rerata berpendidikan Strata II (S2). Dengan penutupan posyandu akibat pandemi, terangnya, para ibu balita kesulitan memantau pertumbuhan dan perkembangan balitanya. Terutama masalah pola makan sesuai gizi berimbang, konsultasi stimulasi perkembangan balita, dan penyakit yang sering dialami balita.

“Bidan Salam Menyapa termasuk menyosialisasikan edukasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pola asuh anak, dan edukasi pencegahan Covid-19. Relawan bergerak door to door untuk edukasi kesehatan secara berkala,” ungkap bidan berparas ayu ini.

Layanan Kesehatan Daring dan Luring

Koordinator Ambulans Gudek Salam, Imam Budi Gunawan, menambahkan, program itu spiritnya “Jilbab Hijau” ingin fokus memudahkan pelayanan edukasi dan konsultasi Kesehatan, baik secara daring maupun luring atau tatap muka. Tiga tenaga medis dan bidan disiapkan dalam setiap kegiatan menggunakan Ambulans Salam, karena diagendakan bergilir dan berpindah tempat. Tim Satgas Ambulans Salam lainnya akan melakukan disinfeksi dan pengasapan di lingkungan setempat, sembari membagikan masker gratis.

“Disinfeksi untuk mengantisipasi pandemi, sedangkan fogging (pengasapan) dilakukan karena kini mulai masuk musim hujan. Tujuannya agar jentik nyamuk tidak berkembang dan meminimalisir penyakit DBD di Mataram,” cetus pria yang akrab disapa Wawan ini.

Baca juga :  Mulai Mei 2020, 3.000 Warga Denpasar Gratis Tagihan PDAM

Program guru, dokter dan psikiater keliling (Gudek) yang diluncurkan beberapa bulan lalu, tambahnya, juga untuk mendekatkan layanan edukasi pendidikan dan kesehatan. “Program Bidan Salam Menyapa memperkuat dan menyasar kelompok rentan lebih luas,” tandasnya. 031

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.