Pura Dasar Bhuana Gelgel Langsungkan Pemacekan Agung

PENGLINGSIR Puri Klungkung, Ida Dalem Semara Putra, menjadi saksi digelarnya upacara Pemacekan Agung di Pura Dasar Bhuana Gelgel, Senin (9/1/2023). Foto: ist

KLUNGKUNG – Pura bersejarah di Kabupaten Klungkung, yakni Pura Dasar Bhuana Gelgel, melangsungkan upacara Pemacekan Agung dengan melibatkan sebanyak 28 banjar adat di Desa Adat Gelgel, Klungkung. Upacara ini diiringi pujawali di Pura Pusering Jagat, Pura Baleagung, Pura Pasucian, dan Pura Yasa, yang berada dalam satu kawasan dengan Pura Dasar Bhuana Gelgel.

Bendesa Adat Gelgel, Putu Gede Arimbawa, Senin (9/1/2023) mengatakan, rentetan upacara ini dimulai dari prosesi Nedunang Ida Bhatara pada Minggu (8/1/2023). Puncak upacara pada Senin (9/1/2023) di-puput oleh Ida Pedanda Gde Jumpung Putra Keniten dan Ida Dalem Bhagawan Sri Sogata, serta disaksikan Penglingsir Puri Klungkung, Ida Dalem Semara Putra. Upacara ini nyejer atau berlangsung selama tiga hari kedepan.

Bacaan Lainnya

“Upacara ini dilaksanakan untuk memohon keselamatan. Soma Pemacekan Agung jatuh pada lima hari setelah Galungan dan lima hari sebelum Kuningan, atau persis di tengah-tengah antara Galungan dan Kuningan. Ini dimaknai sebagai hari keramat dan hari baik untuk memohon berkah,” jelasnya.

Sekretaris Desa Adat Gelgel, Gede Eka Semayaputra, menambahkan, dengan antusiasnya krama Bali yang tangkil sembahyang di Pura Dasar Bhuana Gelgel, pihaknya memberlakukan sistem antrean dengan memberi kartu antrean kepada umat. Hal ini untuk mengantisipasi agar umat tidak berdesak-desakan masuk ke halaman pura demi kelancaran upacara. baw

Baca juga :  Suwirta Serahkan Stimulus Dana Hibah ke Pelaku Pariwisata

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.