PUPR Karangasem Segera Normalisasi Tiga Sungai

KEPALA Dinas PUPR Karangasem, Wedasmara. Foto: ist

KARANGASEM – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karangasem segera melakukan normalisasi sungai pada tahun 2023 ini. Normalisasi sungai dilakukan untuk tiga sungai yang sering mengakibatkan banjir saat musim hujan, yang menerjang bangunan rumah beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas PUPR Karangasem, Wedasmara, Selasa (10/1/2023) mengatakan, normalisasi tiga sungai menggunakan dana APBD Karangasem tahun 2023. Nilai totalnya Rp300 juta, dengan masing-masing Rp100 juta. Ketiga sungai itu adalah Tukad Batah di Kecamatan Selat, Tukad Ganggangan di Kecamatan Bebandem, dan Tukad Mbah Api di Kecamatan Abang.

Bacaan Lainnya

Normalisasi, jelasnya, adalah menata alur sungai, membersihkan sungai dari material sumbatan, dan menambah daya tampung sungai saat hujan dengan cara mengeruk alur sungai. “Normalisasi diharap mampu mengembalikan kapasitas sungai ke kondisi semula, agar banjir yang selama ini terjadi di sungai dapat dicegah dan dikurangi,” terangnya.

Sebelumnya, Perbekel Ababi berharap upaya penanggulangan akses jalan untuk di kawasan Embah Api dengan dibangun jembatan di pelintasan Tukad Embah Api. Jalur tersebut merupakan akses utama pelintasan dari Ababi menuju Budakeling. “Terkait hal itu sudah diusulkan, tapi karena keterbatasan biaya akhirnya ditunda dulu,” sebut Wedasmara. nad

Baca juga :  Covid-19 di Jembrana Mengganas, 2 Pasien Meninggal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.