Presiden Jokowi Main Bola dengan Anak Papua saat Pembukaan PON XX

  • Whatsapp
TANGKAPAN layar Presiden Jokowi bermain bola saati pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura pada Sabtu (2/10/2021). foto: net

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memberi kejutan dengan bermain bola bersama tiga orang anak Papua saat upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura pada Sabtu.

Awal Presiden Jokowi bermain bola adalah saat pesepakbola legendaris Papua Jack Komboy sedang bermain dengan tiga orang anak Papua. Keempatnya mengenakan kaos merah putih bertuliskan “PON XX Papua” di bagian belakang. Lalu ada suara yang mengatakan “Bapak Presiden, mari sini dukung kita,”.

Bacaan Lainnya

Mendengar ajakan itu, Presiden Jokowi beranjak dari tempat duduk VVIP, kemudian menuruni tangga menuju lapangan utama untuk bergabung dengan Jack Komboy dan anak-anak Papua itu.

Presiden Jokowi sempat bermain bola sekitar tiga menit dengan saling melakukan operan kecil ke arah tiga anak Papua dan Jack Komboy. Dengan tetap mengenakan masker, Presiden Jokowi tampak mahir memainkan bola dengan kaki kanannya.

Setelah mengoper-oper bola, seorang penampil dengan mengenakan baju adat Papua membawa alat musik tifa dan memberikannya kepada Presiden Jokowi.
Selanjutnya, Presiden Jokowi memukul tifa tersebut dan setelah itu kembali ke tempat duduk VVIP. Para menteri dan undangan lainnya juga sudah ikut memukul-mukul tifa tanda dibukanya PON XX Papua.

Baca juga :  Dewan Apresiasi Kinerja Pjs. Bupati Badung, Berhasil Pimpin Tata Kelola Pemerintahan

Sempat meminum air mineral yang ada di sampingnya, Presiden Jokowi lalu menikmati pertunjukkan upacara pembukaan PON XX Papua selanjutnya. Kemudian, pesepakbola nasional asal Papua Boaz Salossa muncul membawa obor dan berlari menuju kaldron untuk menyalakan api PON XX. Bersamaan dengan itu, kembang api warna-warni muncul bergantian menambah semarak suasana pembukaan.

“Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh suka cita, menjunjung tinggi sportivitas mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan serta persatuan dan kesatuan bangsa. Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat, mari tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” kata Presiden Jokowi dalam pidato pembukaan.

Sebanyak 7.066 atlet dari seluruh provinsi di Indonesia mengikuti PON XX di Papua pada 2-15 Oktober 2021, dengan rincian atlet putra 4.176 orang dan atlet putri 2.890 orang.

Ketua Tim Keabsahan PON XX Papua Soedarmo menjelaskan atlet-atlet dari 34 provinsi itu berkompetisi dalam 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang, dan 679 nomor pertandingan. ant/yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.