PKKMB Universitas Udayana Berlangsung Secara Daring Diikuti 5.762 Mahasiswa Baru

  • Whatsapp
Pos bali/rap Kegiatan PKKMB Tahun 2020 yang berlangsung secara daring dibuka oleh Rektor Unud, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S.(K)., Senin (7/9) di kampus Unud Bukit Jimbaran.
Pos bali/rap Kegiatan PKKMB Tahun 2020 yang berlangsung secara daring dibuka oleh Rektor Unud, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S.(K)., Senin (7/9) di kampus Unud Bukit Jimbaran.

DENPASAR – Rektor Universitas Universitas Udayana (Unud), Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S.(K)., membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2020, Senin (7/9). Karena situasi pandemi Covid-19, PKKMB sepenuhnya dilakukan secara daring. PKKMB Unud tahun ini diikuti 5.762 mahasiswa baru hasil seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri.

Rektor Unud menyampaikan, PKKMB merupakan kegiatan rutin dilaksanakan setiap awal tahun akademik. Hal ini perlu dilakukan mengingat mahasiswa baru dalam memasuki kehidupan kampus memerlukan adaptasi untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan termasuk proses pembelajaran di perguruan tinggi. Kesiapan mahasiswa dalam memasuki kehidupan kampus sangat penting karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kesuksesan yang bersangkutan dalam menempuh studinya.

Baca juga :  PSSI Sayangkan Pengunduran Diri Ratu Tisha

Prof. Raka Sudewi menegaskan, kegiatan PKKMB wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru di lingkungan Unud. “Hal ini penting dilakukan agar setiap mahasiswa mempunyai kesiapan lebih dini untuk beradaptasi dalam proses pembelajaran. Di samping itu, telah ditetapkan bahwa setiap lulusan baru bisa mengikuti wisuda apabila telah dinyatakan lulus dalam kegiatan PKKMB,” katanya.

Rektor juga mengingatkan kepada mahasiswa agar membuat perencanaan strategi individu di dalam mengikuti pendidikan agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu. Mahasiswa diminta selalu berusaha untuk mengikuti tahapan-tahapan pendidikan setiap semester, sehingga dalam kurun waktu delapan semester sudah diwisuda. “Kami punya target, minimal 70 persen mahasiswa yang masuk tahun ini bisa lulus tepat waktu pada tahun 2024 mendatang,’ ucap Prof. Raka Sudewi.

Baca juga :  Karena Ini, Pembayaran TPP PNS di Bangli Terancam Ditunda

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng. selaku Ketua Panitia PKKMB Tahun 2020, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan PKKMB berlangsung selama satu hari. Tema PKKMB tahun ini adalah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan untuk Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Tatanan Era Baru.

Prof. Antara mengatakan, peserta PKKMB saat ini berjumlah 5.762 orang dibagi menjadi 58 gugus dan setiap gugus terdiri dari 100 orang. Jumlah tersebut meliputi Fakultas Ilmu Budaya sebanyak 526 orang, Fakultas Kedokteran 665 orang, Fakultas Hukum 520 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 953 orang, Fakultas Pertanian 416 orang, Fakultas Teknologi Pertanian 197 orang, Fakultas Teknik 742 orang, Fakultas MIPA 465 orang, Fakultas Peternakan 160 orang, Fakultas Kedokteran Hewan 145 orang, Fakultas Pariwisata 279 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 391 orang, dan Fakultas Kelautan dan Perikanan 167 orang.

Baca juga :  BP Jamsostek Gianyar Siapkan Pelatihan Vokasi Korban PHK

Ia menambahkan, kriteria kelulusan dalam PKKMB ini menggunakan 5 parameter penilaian yaitu kehadiran dalam setiap sesi, keseriusan dalam mengikuti setiap sesi kegiatan, kedisiplinan dalam memanfaatkan waktu, ketekunan dalam menyimak materi dan ketaatan terhadap tata tertib. Peserta dinyatakan lulus apabila rata-rata nilai keseluruhan kegiatan mencapai minimal 60. “Kepada peserta yang dinyatakan lulus akan diberikan sertifikat tanda lulus dan bagi peserta yang belum lulus masih diberikan kesempatan untuk mengikuti PKKMB periode berikutnya,” katanya. 026

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.