Pjs Bupati Karangasem Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

  • Whatsapp
UPACARA peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan di Lapangan Tanah Aron, Selasa (10/11/2020) dengan Pjs Bupati Karangasem, I Wayan Serinah, bertindak selaku Inspektur Upacara. Foto: ist
UPACARA peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan di Lapangan Tanah Aron, Selasa (10/11/2020) dengan Pjs Bupati Karangasem, I Wayan Serinah, bertindak selaku Inspektur Upacara. Foto: ist

KARANGASEM – Upacara peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan di Lapangan Tanah Aron, Selasa (10/11/2020) dengan Pjs Bupati Karangasem, I Wayan Serinah, bertindak selaku Inspektur Upacara. Apel peringatan Hari Pahlawan itu juga disinkronkan dengan apel gelar pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Karangasem.

Membacakan sambutan Menteri Sosial, Juliari P. Batubara, Serinah menyampaikan agar Hari Pahlawan tidak hanya sekadar diingat setiap tanggal 10 November, tapi lebih dari itu adalah mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Mereka mempertaruhkan nyawa untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan perlu terus dikenang sebagaimana tema Hari Pahlawan tahun 2020 yakni “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Bacaan Lainnya

Meski dalam masa pandemi Covid-19, sebutnya, peringatan Hari Pahlawan tahun ini diharap dapat berlangsung khidmat, tidak kehilangan makna, dan memberi energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu. “Pada kesempatan ini saya mengimbau kepada seluruh rakyat Indonesia, untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan tahun 2020. Ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang founding fathers kita, Soekarno, bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” ujarnya.

Baca juga :  Buku "Bertahan di Wuhan" jadi Contoh "Gerak Cepat" Lawan Covid-19

Serinah dalam dalam sambutan tambahannya menyebut, dalam Undang-Undang 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana, penyelenggaraan penanggulangan bencana didefinisikan sebagai serangkaian upaya meliputi penetapan kebijakan pembangunan yang berisiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kabupaten Karangasem merupakan salah satu daerah dengan indeks risiko bencana sangat tinggi.

Karena itu, kata dia, sangat diperlukan perhatian besar dalam menangani potensi bencana, mulai dari perencanaan, kebijakan penanganan mulai dari pencegahan, antisipasi, tanggap darurat sampai kepada pemulihan kondisi usai bencana. Ini yang perlu dikoordinasikan lintas sektoral secara terintegrasi. “Apalagi mengingat Kabupaten Karangasem merupakan wilayah cukup rentan bencana erupsi gunung api, gempa bumi, longsor, banjir bandang, dan bencana lainnya,” ulas Serinah.

Tujuan apel gelar pasukan, terangnya, untuk mengecek kesiapan personel, sarana-prasarana, dan dukungan logistik dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam. Oleh sebab itu, perlu dipersiapkan langkah sedini mungkin guna memperkecil timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis yang, dalam keadaan tertentu, dapat menghambat pembangunan.

“Terima kasih kerjasama yang terjalin baik kepada semua unsur pemerintahan dan masyarakat, yang terlibat dalam penanggulangan bencana di Karangasem. Mari kita ciptakan tim yang kuat, solid, dan profesional,” tutupnya. Usai apel, Serinah mengucapkan selamat ulang tahun dan memotong tumpeng bersama Kapolres Karangasem, AKBP Ni Nyoman Suartini. Kemudian dilanjutkan kegiatan tabur bunga di Dermaga Cruise Line Tanah Ampo. 017

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.