Petani Kapas Karangasem Panen Raya

BUPATI Karangasem, I Gede Dana, foto bersama OPD dan petani saat panen raya kapas di Dusun Tegalanglangan, Desa Datah, Karangasem, Selasa (12/4/2022). Foto: ist

KARANGASEM – Hektaran tanaman kapas dipanen petani kapas di Dusun Tegalanglangan, Desa Datah, Karangasem, Selasa (12/4/2022). Panen ini melibatkan pemerintah yang membuat program guna peningkatan dan kemajuan petani melalui tanaman kapas. Dalam panen raya itu hadir Bupati Karangasem, I Gede Dana, bersama OPD terkait.

Bupati Dana mengatakan, kapas yang dipanen seluas 15 hektar itu sudah ada pembelinya, dan ditawar Rp22 ribu per kilo. “Kami berharap harga terus naik, dan petani makin senang menanamnya. Sebab, di Karangasem ini banyak lahan yang cocok ditanami kapas, bahkan kami berharap harganya naik mencapai 30 ribuan,” sebutnya.

Bacaan Lainnya

“Tahapan panen kali ini merupakan yang ketiga kalinya. Ini bisa mencapai lima tahap panen, karena masih ada sisa bunganya. Mungkin lagi dua atau tiga mingguan kembali panen,” sambungnya.

Terkait kendala, Dana berujar tanaman kapas hanya dipengaruhi faktor cuaca saja, karena jika hujan kapasnya pasti rusak. Untuk tahun 2022 Pemkab Karangasem mengkomunikasikan lahan seluas 50 hektar di kawasan Kecamatan Abang di Datah, dan Kubu di wilayah Desa Tulamben.

Kapas itu akan dipakai bahan baku kain endek di kawasan Sidemen. Ketika bisa menghasilkan kapas dengan kuantitas sampai berton-ton, dia menyebut ada rencana membangun pabrik benang. Saat ini tinggal membina dan mengembangkan, dan bila sudah jadi benang akan dikirim ke Sidemen.

Baca juga :  Panah Raksasa Cakra Baskara, Karya Instalasi Lawan Covid-19 di Pantai Legian

“Dari peningkatan penjualan kain endek sekarang di Bali, pasti permintaan kapas ini juga sangat tinggi. Terlebih lagi tanaman kapas ini sangat mudah memelihara, lebih mudah dari sistem bertani persawahan,” pungkasnya. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.