Peringati Tumpek Wariga, PPK Dentim Gelar “Green Election”

  • Whatsapp
DEKLARASI Pilkada Ramah Lingkungan dilakukan PPK Dentim pada Minggu, (23/8) bertempat di Kantor Camat Denpasar Timur, ditandi dengan penanaman pohon. Foto: ist
DEKLARASI Pilkada Ramah Lingkungan dilakukan PPK Dentim pada Minggu, (23/8) bertempat di Kantor Camat Denpasar Timur, ditandi dengan penanaman pohon. Foto: ist

DENPASAR – Meski Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar Tahun 2020 masih menghitung bulan untuk mencapai puncaknya pada Rabu, 9 Desember 2020, tapi sudah banyak inovasi yang dilakukan KPU Kota Denpasar beserta jajarannya dalam menyosialisasikan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar Tahun 2020 ini. Oleh umat Hindu di Bali, Tumpek Wariga yang juga disebut sebagai Tumpek Uduh dipercaya sebagai upacara untuk melestarikan lingkungan, khususnya melestarikan pohon.

Momentum ini tidak disia-siakan, KPU Kota Denpasar bersama jajaran secara serentak melaksanakan Deklarasi Pilkada Ramah Lingkungan yang dilaksanakan di wilayah kerja masing-masing, tak terkecuali oleh PPK Denpasar Timur (Dentim).
Deklarasi Pilkada Ramah Lingkungan dilakukan PPK Dentim pada Minggu, (23/8) bertempat di Kantor Camat Denpasar Timur.

Bacaan Lainnya

Deklarasi ini dihadiri Camat Denpasar Timur Wayan Herman; Sekretaris Camat Denpasar Timur, I Made Tirana, dan Ketut Ary Arta Yoga selaku Ketua Panwascam Denpasar Timur. Deklarasi Pilkada Ramah Lingkungan dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian jajaran penyelenggara Pilkada terhadap lingkungan, khususnya pohon-pohon yang sudah sangat membantu penyelenggara dalam mempersiapkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar Tahun 2020.

Putu Gede Chandra Kirawan selaku Ketua PPK Dentim mengatakan, bahwa momen ini sangat penting karena sebagai bahan dasar kertas dan tisu yang sering kali digunakan dalam penyelenggaraan Pemilu tentu banyak pohon yang sudah ditebang dan menjadi kewajiban manusia untuk menanam kembali pohon di alam bebas.
“Ini tentu menjadi bentuk ungkapan terima kasih kita kepada alam atau lingkungan karena senantiasa mempermudah aktivitas manusia. Dalam hal ini, penyelenggara yang begitu banyak menggunakan kertas dalam aktivitasnya ya mesti ikut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan. Salah satunya dengan menanam pohon di lingkungan kerja kita, dan kami PPK Dentim memilih menanam pohon di lingkungan sekretariat kami,” ucapnya setelah menanam pohon Tabebuya.

Baca juga :  Dibutuhkan Lebih Banyak Relawan Medis untuk Tangani Covid-19

Hal senada juga disampaikan Wayan Herman. Menurutnya, langkah dari penyelenggara dalam hal ini PPK sudah tepat sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan yang belakangan ini sering diabaikan oleh masyarakat. Meski kecil, tapi aksi ini diharapkan dapat menjadi tauladan bagi masyarakat sekitar agar tetap menjaga keasrian dan kelestarian lingkungan khususnya di Denpasar Timur.

“Selain itu, di tengah masa pandemi yang belum kunjung mereda seperti ini kami mengimbau PPK Dentim beserta jajaran tetap mengutamakan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas. Karena bagaimana pun, ini adalah tugas negara yang harus diselesaikan dengan baik,” tegas Herman.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar Tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada Rabu, 9 Desember 2020 akan dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.