Perempuan Jenggala-Kodam/IX Udayana Gelar Donor Darah

PESERTA donor darah menyumbangkan darah saat donor darah dan vaksinasi Covid-19 yang dilangsungkan Perempuan Jenggala dan Kodam IX/Udayana serta PMI Bali di Puspem Badung, Sabtu (14/5/2022). Foto: ist
PESERTA donor darah menyumbangkan darah saat donor darah dan vaksinasi Covid-19 yang dilangsungkan Perempuan Jenggala dan Kodam IX/Udayana serta PMI Bali di Puspem Badung, Sabtu (14/5/2022). Foto: ist

DENPASAR – Komunitas Perempuan Jenggala menggandeng Kodam IX/Udayana melangsungkan kegiatan vaksinasi dan donor darah di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Sabtu (14/5/2022). Selain itu, Perempuan Jenggala juga menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Bali. Perempuan Jenggala merupakan bagian dari organisasi milik mantan Wapres Jusuf Kalla (JK), Jenggala Center, yang bergerak untuk mengedukasi perempuan dan memperjuangkan hak-hak masyarakat sipil.

Menurut Ketua Panitia Perempuan Jenggala Bali, Gusti Ayu Putu Ardaba Kory, mengatakan organisasinya memang fokus di bidang kesehatan masyarakat. Salah satunya untuk membantu pemerintah dalam pemulihan pandemi Covid-19 dengan vaksinasi Covid-19. Pun membantu PMI agar tersedia stok darah yang cukup.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk mayarakat. Bali harus segera pulih, dan kami mengakselerasi vaksinasi dan membantu PMI mendapat stok darah. Kegiatan ini juga sebagai hadiah ulang tahun dari kami untuk Pak JK selaku pendiri Jenggala,” tutur nakhoda KPPG Bali tersebut.

Dalam kegiatan donor darah itu, Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto; dalam dalam sambutannya yang dibacakan Irdam Brigjen TNI Tatan Ardianto, mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Komunitas Perempuan Jenggala, PMI Bali, paramedis serta para pendonor atas partisipasi donor darah dan vaksinasi.

Baca juga :  Walikota-Danlanal Denpasar Bali Mantapkan Sinergi Cegah Covid-19

“Kegiatan bakti sosial vaksinasi dan donor darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Kodam IX/Udayana bersama Perempuan Jenggala, untuk mendukung program pemerintah dalam upaya membantu kesulitan masyarakat guna memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat di wilayah Kodam IX/Udayana,” jelas Pangdam.

Pangdam berujar, kegiatan donor darah menarget 300 kantong darah untuk mendukung pemenuhan ketersediaan darah di Bali. Apalagi pada masa pandemi jumlah cadangan darah yang tersedia cenderung menurun, sedangkan kebutuhan darah bagi masyarakat meningkat. Dia mengucapkan terima kasih kepada para pendonor yang tulus ikhlas menyumbangkan darahnya.

“Mudah-mudahan ketulusan hati bapak-bapak dan ibu-ibu untuk menyumbangkan darah dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang membutuhkan darah. Seperti slogan yang sering kita baca dan dengar, setetes darah sangat berarti bagi nyawa seseorang,” pujinya.

Tak lupa Pangdam mengajak masyarakat menjadikan donor darah sebagai gaya hidup yang menyehatkan. Sebab, jika ditinjau dari segi kesehatan, donor darah memiliki manfaat positif bagi pendonor. Antara lain dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius secara dini.

Dalam kegiatan itu hadir Pembina Jenggala Center Pusat, I Gde Sumarjaya Linggih; Ketua PMI Bali, IGB Alit Putra; Ketua DPRD Badung, I Putu Parwata; dan Wakil Ketua DPRD Badung, I Wayan Suyasa. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.