Perayaan Imlek Cukup di Rumah, Cegah Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Buleleng

  • Whatsapp
RAPAT koordinasi dalam rangka pengamanan perayaan Imlek 2572 tahun 2021 di Buleleng, Senin (8/2/2021) di Command Center Polres Buleleng. foto: rik

BULELENG – Jajaran Polres Buleleng pada Senin (8/2/2021) menggelar rapat koordinasi dalam rangka pengamanan perayaan Imlek 2572 tahun 2021. Rapat yang dipimpin Kabag Ops Polres Buleleng, Kompol AA Wiranata Kusuma, disepakati perayaan Imlek di Buleleng tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) dan mendapat pengawasan langsung dari tim Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng, Bali.

Rapat yang berlangsung di ruang Command Center Polres Buleleng, dihadiri Asisten I Setda Buleleng, Kaban Kesbangpol Buleleng, Kasdim 1609 Buleleng, Ketua FKUB Buleleng, Ketua MDA Buleleng, Ketua Makin Buleleng, Ketua Walubi Buleleng, Ketua MUI Buleleng, dan para Kasat serta jajaran Kapolsek di Buleleng.

Bacaan Lainnya

Dalam rapat tersebut terungkap bahwa Majelis Agama Khonghucu Indonesia (Makin) Pusat telah meniadakan kegiatan berkumpul bersama baik di pusat maupun daerah dan dilaksanakan secara virtual. Masyarakat cukup hanya merayakan kegiatan di rumah saja. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Makin Buleleng, Tjie Su Liong.

“Jika ada ritual keagamaan yang dilakukan di Klenteng, maka tidak akan dipertanggungjawabkan oleh pengurus Makin Buleleng. Ini karena Imlek merupakan hari raya agama Konghucu, bukan perayaan agama etnis ataupun perayaan musim semi,” ujar Su Liong.

Baca juga :  Antisipasi Bencana Alam di Masa Pandemi, Linmas Diinstruksikan Pengawasan Rutin

Sementara itu, Ketua Walubi Buleleng, Wiharta Harijana, yang akrab disapa Wewe menegaskan warga Buddha yang merupakan etnis keturunan Tionghoa tetap akan melaksanakan perayaan Imlek. Mengingat ini kebiasan atau adat yang sering dilakukan dari zaman ke zaman.

Perayaan Imlek bakal dilaksanakan di Klenteng Seng Hong Bio dan Ling Guang Kiong secara sederhana, dengan tetap menerapkan prokes Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan.

“Kami akan mengupayakan agar kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan masyarakat seperti pertunjukan Barongsai, pembagian angpao, dan acara silaturahmi agar ditiadakan. Kami harap pemerintah melalui tim Satgas Covid-19 bisa mengawasi bersama-sama secara ketat saat kegiatan Imlek,” ucap Wewe.

Menyikapi hal itu, Kabag Ops Polres Buleleng, Kompol Wiranata Kusuma meminta agar dalam perayaan Imlek ini digelar dengan suasana damai dan saling menghargai. Apalagi, perayaan keagamaan kali ini dalam situasi pandemi Covid-19. “Prokes agar tetap dipatuhi, dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjaga jarak, hindari kerumunan,” tegasnya. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.