Pentingnya Imunisasi Anak di Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

IMUNISASI merupakan hak dasar bagi anak, hak untuk tetap sehat dan tumbuh berkembang. Namun situasi pandemi Covid-19 serta pemberlakuan PSBB saat ini menyebabkan banyak hambatan bagi para orang tua dan penyedia layanan kesehatan dalam melaksanakan pelayanan imunisasi.

Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Kemenkes RI, drg. R. Vensya Sitohang, M.Epid menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan kebijakan melalui Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Nomor SR.02.06/4/1332/2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Pelayanan Imunisasi Pada Anak selama masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 kepada seluruh dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota yang menekankan bahwa imunisasi tetap harus dilaksanakan pada masa covid-19 ini dan tentunya tetap sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Baca juga :  Made Bandem : Percayakan Kepada Pemerintah

Vensya juga menegaskan kepada Dinas Kesehatan di daerah untuk meningkatkan komunikasi dan mengedukasi dengan orang tua terkait pentingnya imunisasi anak serta pelayanan imunisasi harus disiapkan sesuai protokol kesehatan dan aturan yang telah ditetapkan melalui Surat Edaran tersebut. Terutama yang harus disampaikan adalah bahaya tidak diimunisasi sama bahayanya bahkan lebih berbahaya daripada terkena Covid-19.

Sejalan dengan pernyataan Vensya, Ketua Bidang Humas dan Pengurus Pusat IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) Prof. DR. Dr. Hartono Gunardi, Sp.A(K) menjelaskan, situasi pandemi Covid-19 sangat menghambat program imunisasi dan banyak orang tua yang takut membawa anaknya ke Puskesmas atau posyandu. Ini akan sangat berisiko menyebarkan double outbreak atau wabah ganda, yaitu terkena wabah covid-19 dan wabah penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi.

Baca juga :  Kebakaran Hotel Bali Beach, Bagian FB Rusak Parah

Hartono menambahkan jika jadwal imunisasi anak terlambat karena pemberlakuan PSBB, anak tetap dapat melakukan imunisasi dengan cara imunisasi kejar/catch up immunization, yaitu pada satu hari anak bisa mendapatkan beberapa jenis imunisasi sekaligus. Walaupun dalam situasi pandemi Covid-19, anak-anak tetap mendapatkan kebutuhan kesehatan untuk tumbuh berkembang dengan baik tanpa terserang penyakit berbahaya lainnya. yes

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.