Pemkab Bangli Jawab Pemandangan Umum Fraksi DPRD Bangli

  • Whatsapp
SEKDA Bangli, Ida Bagus Gede Giri Putra, menyerahkan jawaban eksekutif atas pemandangan umum 4 fraksi diterima Wakil Ketua DPRD Bangli. Foto: gia
SEKDA Bangli, Ida Bagus Gede Giri Putra, menyerahkan jawaban eksekutif atas pemandangan umum 4 fraksi diterima Wakil Ketua DPRD Bangli. Foto: gia

BANGLI – Setelah fraksi di DPRD Bangli membacakan pemandangan umum, Selasa (28/9/2020), Sekda Ida Bagus Gede Giri Putra, langsung membacakan jawaban pemerintah. Terkait pandangan Fraksi PDIP tentang penanganan Corona, eksekutif menyatakan sependapat keselamatan rakyat merupakan skala prioritas.

Secara teknis, sebutnya, langkah penanganan terus dilakukan Satgas Covid-19 Bangli dengan tetap berkoordinasi dengan satgas Provinsi, sehingga penanganan yang dilakukan bisa optimal. Penyesuaian dan refokusing program dan kegiatan di perubahan APBD 2020, jelasnya, memang difokuskan untuk penangan Corona.

Bacaan Lainnya

Baik dalam bentuk belanja tidak terduga, maupun program kegiatan yang dialokasikan di perangkat daerah. Dalam rangcangan Perubahan APBD ini, baik pendapatan  daerah maupun belanja daerah sudah didasari perkiraan yang terukur, selain tetap dengan mempertimbangkan kesediaan anggaran serta berpedoman dengan referensi hukum yang jelas.

Menyikapi pemandangan Fraksi Golkar, pada intinya Pemkab mengaku sangat sependapat edukasi kepada masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak memang sangat diperlukan. Langkah-langkah pemulihan ekonomi masyarakat tetap dilakukan pemerintah, terutama akibat dampak Corona, tapi tetap memperhatikan kondisi dan kemampuan keuangan daerah.

Menyinggung pandangan Fraksi Demokrat, dia berkata, belanja daerah pada Perubahan APBD 2020 memang difokuskan untuk mendanai penanganan Corona, baik untuk penanganan dampak kesehatan, pemulihan ekonomi, maupun jaring pengaman sosial. Masalah di dunia pendidikan dengan menggunakan sistem daring, dia menjawab ada langkah teknis.

Baca juga :  Yuri: Jangan Terprovokasi Hoaks Covid-19

Baik dengan cara menambah fasilitas untuk mendukung sistem daring di sekolah, maupun dengan memberi biaya internet dalam bentik pulsa kepada tenaga pendidik dan siswa. Bantuan ini dialokasikan dari belanja bantuan operasional sekolah, sesuai dengan petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

Menyinggung banyaknya tenaga kesehatan ikut terpapar Corona, Putra berkata langkah awal yang dilakukan adalah melakukan sterilisasi fasilitas kesehatan. Jika dinilai membahayakan, maka menutup sementara fasilitas itu.

Dia mengakui beban dan tugas tenaga kesehatan sangat berat. Penyediaan APD yang standar merupakan sarana mutlak yang harus disediakan. “Juga dialokasikan insentif bagi tenaga kesehatan yang bersumber dari DAK nonfisik bidang kesehatan dari pemerintah pusat,” urainya.

Adanya keengganan masyarakat memeriksakan diri ke layanan kesehatan akibat takut terjangkit Corona, Putra mengakui situasi itu merupakan salah satu fenomena saat ini. Karena itu perlu edukasi dan sosialisasi intensif kepada masyarakat, agar tetap melaksanakan protokol kesehatan saat beraktivitas.

Mengenai masukan Fraksi Restorasi Hari Nurani untuk memberi insentif kepada petugas jenazah Corona, Putra mendaku sedang dilakukan kajian dan perhitungan secara teknis oleh perangkat daerah terkait. Nanti kebutuhan dananya akan direalisasikan dari belanja tidak terduga,” tandasnya. 028

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.