Pemilih di Denpasar Lebih Banyak Perempuan, Disdukcapil Siap fasilitasi Perekaman KTP-el di Sekolah

  • Whatsapp
KETUA KPU Denpasar, I Wayan Arsajaya (kiri depan), menyerahkan daftar pemilih berkelanjutan kepada anggota Bawaslu Denpasar, Nyoman Putra Wiratma, usai rakor PDPB, Rabu (15/12/2021). Foto: ist
KETUA KPU Denpasar, I Wayan Arsajaya (kiri depan), menyerahkan daftar pemilih berkelanjutan kepada anggota Bawaslu Denpasar, Nyoman Putra Wiratma, usai rakor PDPB, Rabu (15/12/2021). Foto: ist

DENPASAR – Berdasarkan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (PDPB), sampai dengan Desember 2021 ini jumlah pemilih di Denpasar tercatat sebanyak 441.543 orang. 217.591 pemilik laki-laki, dan 223.952 pemilih perempuan. Dari jumlah tersebut, jumlah pemilih perempuan lebih banyak 6.361 orang. Data tersebut terkuak saat rapat koordinasi PDPB bulan Desember 2021 dan sosialisasi PKPU Nomor 6/2021 tentang PDPB di KPU Denpasar, Rabu (15/12/2021).

Selain dihadiri Ketua dan anggota KPU Denpasar, turut hadir anggota Bawaslu Denpasar, Nyoman Putra Wiratma; Kasat Intel Polresta Denpasar, Kompol I Wayan Sudita; Kasi Pengolahan dan Penyajian Data Disdukcapil, AAI Mariatini Dewantari; perwakilan camat seluruh Kota Denpasar; dan sejumlah pengurus atau penghubung partai politik di Denpasar.

Bacaan Lainnya

Membuka acara, Ketua KPU Denpasar, I Wayan Arsa Jaya, berharap dukungan data dari semua stakeholder yang hadir untuk menghadirkan data pemilih yang komprehensif, mutakhir, dan akurat. Semua itu dibutuhkan guna persiapan penyusunan data pemilih Pemilu 2024.

Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Denpasar, Dewa Ayu Sekar, menambahkan, untuk kendala terkait status belum rekam KTP elektronik, sebanyak 2.420 pemilih masih tercatat dalam Daftar Pemilih Berkelanjutan bulan Desember 2021. Sesuai PKPU 6/2021 yang diterbitkan pada 11 November 2021, terangnya, masih ada waktu tiga bulan untuk melakukan pemutakhiran sebelum pemilih tersebut dicoret dari daftar pemilih. “Itu jika sampai akhir bulan Februari 2022 masih berstatus belum rekam KTP elektronik,” jelasnya.

Baca juga :  Pasien Sembuh Covid-19 di Buleleng Bertambah Jadi 36 Orang

Terkait dukungan untuk pemutakhiran data, Polresta Denpasar menegaskan dukungan penuh dengan suplai data pensiunan Polri dan alih status menjadi anggota Polri setiap bulan.  Disdukcapil juga menyatakan siap membantu verifikasi dan validasi data pemilih setiap bulan, dan siap memfasilitasi perekaman KTP elektronik bagi warga yang belum rekam. Perekaman bisa di kantor desa/kelurahan, sekolah, maupun tempat publik lainnya. Syaratnya, jumlah warga yang belum rekam lebih dari 50 orang, karena berkaitan dengan perlengkapan yang harus dibawa ke tempat perekaman.

Perwakilan kecamatan juga menyampaikan dukungan terhadap perekaman KTP elektronik dengan bersurat kepada perbekel/lurah. Sementara perwakilan partai menyampaikan menerima hasil rekapitulasi PDPB bulan Desember 2021, sembari mendukung penuh PDPB oleh KPU Denpasar.

Di akhir acara, daftar pemilih berkelanjutan dipasang di papan pengumuman, website dan media sosial KPU Denpasar. hen

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.