Pedagang Diingatkan Tidak Jualan di Fasilitas Publik, Pasar Rakyat Gianyar Siap Ditempati

  • Whatsapp
PETUGAS Satpol PP mulai menertibkan pedagang yang memanfaatkan fasilitas umum. Foto: adi

GIANYAR – Pasar Rakyat Gianyar sudah rampung, dan para pedagang yang selama ini berjualan di seputar Kota Gianyar bersiap pindah ke pasar tersebut. Karena itu, pedagang yang selama ini berjualan di seputar Kota Gianyar dan fasilitas publik ditertibkan. Hal itu diungkapkan Kasatpol PP Gianyar, I Made Watha, Selasa (30/11/2021).

Lebih lanjut dikatakan, sambil menggencarkan pengawasan protokol kesehatan (prokes) kepada para pedagang di seputaran Kota Gianyar, Satpol PP Gianyar juga mengarahkan pedagang untuk bersiap pindah ke pasar yang baru. “Ini sekaligus mengarahkan para pedagang untuk bersiap-siap pindah dari tempat mereka sekarang berjualan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Tempat berjualan para pedagang itu, kata Watha, merupakan fasilitas umum (fasum). Sebenarnya berjualan di fasum melanggar Perda No.15 Tahun 2015, tapi karena pasar sebelumnya sedang dibongkar, maka sementara waktu diizinkan.

Kini, pasar selesai dibangun, dan dia mengarahkan pedagang berjualan di tempat yang baru. “Bagi pedagang yang sudah terdaftar, bisa pindah ke Pasar Rakyat Gianyar,” pesannya.

Bagi pedagang yang tidak terdaftar atau pedagang baru akibat pandemi, sambungnya, yang bersangkutan disarankan berjualan di pasar lain. Di Gianyar terdapat banyak pasar umum seperti Pasar Samplangan, Abianbase, Beng, Semebaung, Bedulu, Pasar Yadnya Blahbatuh dan lainnya.

Baca juga :  Terpisah dari Rombongan, Empat Pendaki Tersesat di Gunung Agung

Singkat kata, pedagang diarahkan berjualan di pasar umum yang dikelola pemerintah atau desa adat, dan tidak lagi berjualan di fasilitas umum.

Watha menegaskan, pada dasarnya pemerintah tidak melarang warga berjualan, apalagi ini masalah penghidupan. Hanya, pedagang diminta tidak berjualan di fasilitas umum seperti badan jalan, di jalan, atau trotoar. “Penertiban pedagang yang jualan di fasilitas umum itu agar terwujud Kota Gianyar yang bersih, indah, asri, nyaman dan aman,” tandasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.