Monev dan Visitasi KPK RI, BPD Bali Dukung Pembuatan Aplikasi I-POS Pajak MBLB Karangasem

KPK RI saat melakukan kunjungan dan rapat monev tindaklanjut rekomendasi pencegahan korupsi dan perbaikan tata kelola Pemerintah Kabupaten Karangasem. Foto: ist

KARANGASEM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, melakukan kunjungan ke Pemkab Karangasem, terkait rapat monev tindaklanjut rekomendasi pencegahan korupsi dan perbaikan tata kelola Pemerintah Kabupaten Karangasem TW II Tahun 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Karangasem, I Gede Dana; Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta; berserta Muspida Kabupaten Karangasem; Direktur Operasional Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Setia Yasa; Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem, I Ketut Andayana Kusuma Yasa; dan Jajaran OPD Pemda Karangasem.

Bacaan Lainnya

Dalam rapat tersebut dibahas tentang paparan progres capaian renaksi penertiban aset, optimalisasi pajak daerah, penagihan piutang pajak tertunggak, dan inovasi peningkatan pajak daerah, yaitu progres implementasi alat rekam pajak MBLB online.

Direktur Operasional Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Setia Yasa, menyampaikan bahwa Bank BPD Bali mendukung penuh pembuatan aplikasi Pajak MBLB secara online yang disebut I-POS Pajak MBLB.

“Skema Sistem Digitalisasi Pajak MBLB Kabupaten Karangasem yang dibangun ini dikhususkan pada proses transaksi jual-beli mineral bukan logan dan batuan, seperti pasir dan kerikil antara pembeli dan pengusaha dari hulu sampai ke hilir. Digitalisasi Pajak MBLB dimulai dari penggunaan faktur digital sambil menunggu proses pengadaan toll gate monitoring MBLB,’’ ujarnya pada Kamis (11/8/2022).

Baca juga :  Duh! Digerus Loloan, Senderan-Palinggih di Pantai Siyut Ambruk

Dalam kesempatan tersebut, KPK RI bersama Bank NTB melakukan visitasi secara langsung ke lokasi galian yang berada di Desa Peringsari, Kecamatan Selat. KPK RI menyaksikan secara langsung penggunaan aplikasi I-POS Pajak MBLB oleh penjual material dan melakukan pengecekan ke POS Pengawasan Pajak MBLB yang berada di 4 wilayah Kabupaten Karangasem.

Sementara Bank NTB melakukan studi tiru ke lokasi galian untuk melihat penerapan digitalisasi pajak MBLB yang nantinya akan diterapkan pula di lokasi pertambangan yang ada di NTB. I-POS Pajak MBLB merupakan inovasi Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem dan rencananya akan dijadikan program unggulan oleh KPK RI serta diharapkan dapat diterapkan oleh usaha pertambangan di Kabupaten lainnya di Indonesia.

Saat ini, seluruh pajak daerah di Kabupaten Karangasem telah menggunakan kanal pembayaran secara digital. Berdasarkan data per 9 Agustus 2022, pembayaran Pajak MBLB dari kanal digital (mobile banking dan internet banking Bank BPD Bali) sudah mencapai angka Rp21 miliar dari total Rp49 miliar.

Diharapkan dengan live I-POS MBLB dapat meningkatkan PAD dan transaksi pembayaran pajak daerah dapat lebih transparan. Sinergitas Bank BPD Bali dan Pemda Karangasem melalui program I-POS Pajak MBLB diharapkan dapat membantu mensukseskan program Pemda Karangasem dalam hal pengawasan dan pengelolaan keuangan usaha pertambangan serta dalam hal membantu peningkatan pendapatan asli daerah. nan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.