Membangun Keharmonisan dengan Spirit ‘’Vasudhaiva Kutumbakam’’

  • Whatsapp
FORUM Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Denpasar menerima kunjungan dari FPK Kabupaten Belitung, Jumat (13/11/2020). Foto: ist
FORUM Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Denpasar menerima kunjungan dari FPK Kabupaten Belitung, Jumat (13/11/2020). Foto: ist

DENPASAR – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Denpasar menerima kunjungan dari FPK Kabupaten Belitung bertempat di aula kantor Kesbangpol Kota Denpasar, Jumat (13/11/2020). Kunjungan tersebut dalam rangka peningkatan layanan dan kapasitas sumber daya manusia di bidang pembauran kebangsaan.   

Dalam kunjungan tersebut dipimpin Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Belitung,  Imam Fadlli; dan Ketua FPK Kabupaten Belitung, Sudarmayudha, diterima Sekretaris Kesbangpol Kota Denpasar, I Wayan Wirawan; dan Kabid 1 Nyoman Darmayasa. Ketua FPK Kota Denpasar, I Made Arka; Sekretaris, Dewa Ayu Putu Sri Wigunawati, serta beberapa anggota FPK Kota Denpasar, juga ikut menerima rombongan FPK Kabupaten Belitung.

Bacaan Lainnya

Imam Fadlli, menyampaikan senang bisa berkunjung ke Kota Denpasar. Terlebih FPK Kota Denpasar dia bilang cukup aktif dalam kegiatan walaupun ada situasi pandemi Covid-19.

Ia juga mengapresiasi kegiatan FPK Kota Denpasar karena pengurusnya tidak hanya mengandalkan dana dari pemerintah saja akan tetapi sudah mau bekerjasama dengan peguyuban yang ada di Kota Denpasar. Termasuk memberikan apresiasi Kota Denpasar yang dapat memelihara kerukunan dan keharmonisan antarsuku, ras, dan agama yang telah terjalin dengan baik.

Ketua FPK Kota Denpasar, I Made Arka, mengatakan, kunci utama menjaga pengurus FPK tetap solid adalah sering diadakan komunikasi antarpengurus. Ia menegaskan, membangun keharmonisan di Kota Denpasar dengan spirit ‘’Vasudhaiva Kutumbakam’’ atau menyama braya.

Dengan spirit ’Vasudhaiva Kutumbakam’’ yang merupakan bahasa Sansekerta, ulas Made Arka, warga diharapkan bisa saling mengerti dan tolong-menolong. Karena dengan konsep tersebut masyarakat bisa saling menghargai dan tidak terjadi kesalahpahaman.

Baca juga :  Sekitar 1.200 Wisatawan Tiongkok Masih di Bali, Dispar Bantah Potential Loss Capai Rp 1 T

Sementara Sudarmayudha, sangat berharap agar FPK Kota Denpasar bisa berkunjung ke Belitung, karena bisa mengetahui secara langsung keadaan yang ada di Kabupaten Belitung. Di Kabupaten Belitung, kata dia, ada dalam satu dusun penduduknya warga keturunan Bali dan digunakan sebagai desa wisata. ‘’Kita sangat berharap ke depan hubungan FPK bisa terjalan dengan baik agar bisa saling dapat bertukar pikiran,’’ cetusnya.

Made Arka menambahkan, ada beberapa program yang sudah dilakukan FPK Kota Denpasar, antara lain Parade Budaya Nusantara, sosialisasi ke SMA dan SMP tentang 4 Pilar Kebangsaan, serta FPK Goes to Campus. Disamping juga melakukan sosialisasi ke tingkat desa dan banjar yang paling bawah sehingga masyarakat mengetahui dengan pembauran hidup kita akan rukun, damai dan sejahtera.

‘’Itu salah satu program FPK Kota Denpasar agar bisa membantu masyarakat dalam menjamin ketentraman dan keamanan wilayah Kota Denpasar,’’ ujarnya memungkasi. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.