Masuk Lima Gubernur Potensial di Pilpres 2024, Wakili Indonesia Timur, Peluang Zulkieflimansyah Sangat Terbuka

INILAH lima gubernur yang berpotensi maju di Pilpres 2024 yakni Zulkieflimansyah, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Khofifah Indar Parawansa. Foto: ist
INILAH lima gubernur yang berpotensi maju di Pilpres 2024 yakni Zulkieflimansyah, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Khofifah Indar Parawansa. Foto: ist

MATARAM – Sejumlah gubernur diproyeksi akan maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Wakil Presiden 2024. Sejauh ini ada lima gubernur yang potensial naik kelas maju di Pilpres 2024. Mereka yakni Gubernur NTB, Zulkieflimansyah (kader PKS); Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Masuknya nama Gubernur Zulkieflimansyah, pengamat politik Pangi, Syarwi Chaniago, mengatakan, peluang Zulkieflimansyah sangat terbuka jika dibandingkan empat gubernur yang masuk bursa saat ini. Alasannya, empat gubernur lainnya tidak memiliki afiliasi ke parpol tertentu. 

Bacaan Lainnya

“Selain tokoh kepala daerah terpopuler dari Indonesia Timur, Zulkieflimansyah juga hampir dikenal masyarakat Banten. Pernah juga jadi anggota DPR, apalagi Bang Zul memiliki kendaraan (politik) sendiri,” kata Pangi melalui siaran tertulisnya, Senin (9/5/2022).

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting tersebut, Zulkieflimansyah bisa merepresentasikan blok religius. Menurutnya, kombinasi nasionalis-religius sangat ideal. Bukan tidak mungkin tokoh-tokoh nasionalis dari pusat mencari tokoh yang punya basis jelas dan kepala daerah berprestasi. Hanya, sambungnya, Zulkieflimansyah memang harus terus membuat terobosan baru agar makin dikenal seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga :  Pasien Covid-19 yang Sembuh di Bali Tembus 89,50%, masih dalam Perawatan 7,30%

“Memang jika dilihat dari inovasi dan gagasannya sekarang, dengan program unggulan zero wastedan industrialisasi, sudah sangat bagus. Ditambah lagi dengan ada MotoGP dan KEK, momen ini sebenarnya sangat mampu mendongkrak popularitasnya ke depan,” papar Pangi.

Di sisi lain, Pangi berujar salah satu fenomena menarik dan ditunggu dalam suksesi kepemimpinan nasional yakni kemunculan calon presiden (capres) alternatif. Capres alternatif itu di luar nama-nama yang beredar di kalangan publik dan lembaga survei, seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, atau Sandiaga Uno. Capres alternatif sebenarnya bisa membuat kompetisi lebih menarik, karena calon tidak didominasi tokoh dari Pulau Jawa dan para ketua umum partai. Pun makin banyak tokoh yang diusung sebagai capres, itu positif bagi demokrasi.

“Jangan sampai pilpres mendatang hanya dua pasangan calon, supaya tidak lagi ada gesekan atau keterbelahan publik. Jika capres banyak pilihan, maka akan banyak varian pilihan,” tegasnya.

Kepala daerah berprestasi diharap dapat tampil pada Pilpres 2024. Namun, pemimpin daerah yang menonjol saat ini masih didominasi dari Pulau Jawa. Peluang ini diharap tidak sampai dilewatkan para kepala daerah di luar Pulau Jawa.

Merujuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan kelima gubernur ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Khofifah memiliki harta terbanyak mencapai Rp24 miliar lebih. Harta Ridwan Kamil mencapai Rp20 miliar lebih, harta Ganjar Pranowo sekitar Rp11,78 miliar, harta Anies Baswedan sekitar Rp10,95 miliar, dan harta Zulkieflimansyah senilai Rp6,453 miliar lebih. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.