LPPM Unud Dorong Transformasi Digital untuk Kemajuan Desa

  • Whatsapp
TANGKAPAN layar Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. Ir. I Gde Rai Maya Temaja, MP webinar bertajuk “Menuju Desa Berdaulat Secara Ekonomi Melalui Digitalisasi”, Senin (26/10/2020). foto: ist

DENPASAR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana (LPPM Unud) mendorong peran transformasi digital untuk kemajuan desa.

Hal tersebut mengemuka dalam webinar bertajuk “Menuju Desa Berdaulat Secara Ekonomi Melalui Digitalisasi” pada Senin (26/10/2020) melalui Cisco Webex Meeting dan Youtube Udayana TV.

Bacaan Lainnya

Ketua LPPM Unud, Prof. Dr. Ir. I Gde Rai Maya Temaja, MP., menuturkan, pandemi Covid-19 memaksa pemerintahan maupun institusi menyesuaikan diri dan mulai memanfaatkan fasilitas digital. Ia sepakat, teknologi digital hanya dapat dimanfaatkan apabila ada peran serta sumber daya di dalamnya.

Lebih jauh, pemanfaatan teknologi digital memicu penciptaan model bisnis baru dan aliran pendapatan. Ia mencontohkan, artificial intelligence (kecerdasan buatan), cloud computing, dan internet of things mulai bermunculan akibat transformasi digitalisasi.

”Situasi ini berubah pada menitikberatkan pada pemanfaatan teknologi digital, maka transformasi digital merupakan sebuah fenomena yang tidak dapat dihindari. Siap atau tidak kita harus menyongsong transformasi digital dengan baik agar dapat bertahan dan bersaing,” paparnya.

Prof. Rai menyoroti sumber daya manusia (SDM) di desa masih dipandang sebelah mata. Menurutnya, SDM di desa dapat diberdayakan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia di segala aspek, baik ketahanan ekonomi, sosial, maupun teknologi.

Baca juga :  Kemenpora Ajukan Rp3,7 Triliun untuk Anggaran 2021

”Digitalisasi manajemen desa yang komprehensif dan berbasis kearifan lokal mungkin bukan sesuatu yang mustahil diterapkan sebagai alat agar masyarakat desa memiliki kedaulatan dan mandiri secara ekonomi,” tambahnya.

Dengan hadirnya webinar ini, pihaknya berharap dapat mendorong masyarakat sadar bahwa transformasi digital bukan lagi pilihan, namun menjadi keharusan dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Di samping itu, webinar ini diharapkan mendorong peran transformasi digital bagi kemajuan masyarakat desa ke depan.

Webinar menghadirkan narasumber Naindra Kayuana Winaya (CEO PT Sekarmenuh Eventama dan Founder Desa ke Desa) serta Ida Bagus Agung Gunarthawa (Co-founder Samsara Living Museum Desa Jungutan). 026

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.