Loka POM Buleleng Sidak Pedagang Makanan dan Takjil, 11 Sampel Makanan Diambil, Ini Hasilnya

  • Whatsapp
SIDAK dilakukan petugas Loka POM Buleleng terhadap pedagang makanan dan jajanan takjil di wilayah jalan Jeruk Singaraja. Foto: rik
SIDAK dilakukan petugas Loka POM Buleleng terhadap pedagang makanan dan jajanan takjil di wilayah jalan Jeruk Singaraja. Foto: rik

BULELENG – Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Buleleng melakukan sidak ke penjual makanan dan jajanan takjil di areal jalan Jeruk, Kelurahan Kampung Kajanan, Buleleng, Senin (4/5/2020). Dari hasil sidak, menu buka puasa itu dinyatakan aman dikonsumsi karena dari hasil cek laboratorium tidak ditemukan campuran bahan berbahaya.

Sidak kemarin dipimpin Kepala Loka POM Buleleng, Made Ery Bahari Hantana, yang mengajak Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan serta Dinas Peridustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Buleleng. Selama sidak, satu per satu padagang jajanan dan makanan takjil didatangi petugas. Ery Bahari Hantana mengatakan, sebanyak 11 sampel makanan diambil petugas, baik itu makanan olahan ikan, sate, lontong, kue lapis dan kering, jajan agar-agar serta minuman untuk diuji dengan empat parameter bahan makanan berbahaya. Yang dimaksud yakni boraks, formalin, pewarna metanil yellow dan rhodamin B.

Bacaan Lainnya

“Hasilnya tidak ditemukan zat-zat yang berbahaya terkandung dalam jajanan dan makanan takjil yang dijual. Selain itu pedagang juga sudah lebih memahami masalah kebersihan makanan sampai bahan-bahan makanan yang digunakan,” katanya.

Dengan tidak ditemukan ada campuran bahan berbahaya, Loka POM Buleleng memastikan jajanan dan makanan tersebut aman dikonsumsi. Mengingat bulan puasa ini dirayakan di tengah pandemi Covid-19, Ery minta seluruh pedagang menggunakan masker dan sarung tangan saat berjualan.

Baca juga :  Apa Itu Desinfektan?

Jika perlu, sambungnya, pedagang makanan sering kali mencuci tangan saat melayani pembeli. “Saat kami sidak, sebagian pedagang tidak memakai masker. Kemudian sebagian besar juga tidak pakai sarung tangan. Kami sudah edukasi mereka setiap jualan wajib gunakan masker dan sarung tangan,” imbuhnya.

Selain sidak terhadap para pedagang makanan dan jajanan takjil di wilayah Jalan Jeruk Singaraja, Loka POM Buleleng juga sidak ke sejumlah toko dan supermarket di Buleleng yang menjual parsel untuk keperluan lebaran. Yang dimasuki yakni Clandys dan Carefour. 018

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.