Listrik Sirkuit Mandalika Resmi Dinyalakan, PLN Jamin Tanpa Kedip Saat WSBK dan MotoGP

  • Whatsapp
GENERAL Manager PLN NTB, Lasiran, saat bersama Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro, di penyalaan awal pasokan listrik ke sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Foto: rul
GENERAL Manager PLN NTB, Lasiran, saat bersama Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro, di penyalaan awal pasokan listrik ke sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Foto: rul

MATARAM – PT PLN NTB bersama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah mulai menyalakan listrik di sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit di kawasan Lombok Tengah. Listrik yang disuplai oleh PLN untuk menyukseskan ajang balap dunia, yakni World Superbike (WSBK) dan MotoGP mencapai daya sebesar 5,190 MVA.

‘’Untuk pasokan listrik ke sirkuit disuplai dari sistem kelistrikan Lombok,’’ kata General Manager PLN NTB Lasiran dalam siaran tertulisnya, Selasa (2/11/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Lasiran, saat penyalaan awal dirinya bersama Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro melakukanya pada Jumat (29/11) lalu.  Sirkuit Mandalika merupakan pelanggan premium PLN yang akan disuplai dari tiga jalur utama listrik, yakni dua jalur dari Gardu Induk (GI) Kuta dan satu jalur dari GI Sengkol.

Dua jalur saluran kabel tegangan menengah sepanjang 1.485 kms dari GI Kuta. Satu jalur sepanjang 13.8 kms dari GI Sengkol, yang telah selesai terbangun pada Agustus 2021. ‘’Penyalaan merupakan komitmen PLN memberikan layanan terbaik dan keandalan pasokan listrik  untuk mendukung gelaran akbar di Indonesia,’’ ujar Lasiran.

Khusus untuk perhelatan WSBK dan MotoGP, PLN NTB mempersiapkan skenario zero down time. Sebuah sistem suplai listrik berlapis, untuk menghadirkan layanan kelistrikan yang andal dan berkualitas, tanpa kedip gangguan.

Baca juga :  Bawaslu Diajak Kikis Pragmatisme Politik Masyarakat

Beberapa peralatan seperti  uninterruptible power supply, back up genset, unit gardu bergerak didatangkan dari NTT, Bali, dan Jakarta. Dari sisi ketersediaan daya, sistem kelistrikan Lombok saat ini memiliki cadangan daya sebesar 80 MW atau sebesar 30 persen dari beban puncak Lombok.

‘’Pasokan daya untuk WSBK dan sistem Lombok insya Allah aman. Kami juga sudah mengantisipasi meningkatknya kebutuhan listirk seiring dengan bertambahnya tamu yang datang ke Lombok,’’ ucap Lasiran.

Lasiran mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait, terutama PT ITDC yang merupakan pelanggan PLN. Sinergi dan kerja sama sangat diperlukan demi suksesnya kegiatan internasional yang digelar setahun sekali tersebut.

‘’Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat. Semoga seluruh event (kegiatan) yang akan digelar dapat berjalan aman, lancar, dan dapat  mengharumkan nama Indonesia ke dunia,’’ ungkap Lasiran.

Listrik dipasok melalui Gardu Hubung Mandalika yang berlokasi di kawasan sirkuit dan selanjutnya dialirkan ke beberapa bangunan seperti pit building, medical center, race control, TV compound, observation deck dan juga bright store. ‘’Terima kasih untuk PLN. Hari ini kita sudah menyalakan listrik untuk kawasan sirkuit. ITDC sudah mendapat suplai listrik secara permanen,’’ kata Bram Subiandoro.

Bram mengatakan, saat ini daya yang diperlukan sudah cukup untuk menyelenggarakan World Superbike (WSBK) 19-21 November 2021. Selanjutnya, MotoGP pada Maret tahun 2022. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.