Liga 3 Bali, Perseden Akhiri Babak 8 Besar dengan Status Juara Grup A

  • Whatsapp
STARTING Eleven Perseden Denpasar sebelum memulai laga melawan PS Gianyar yang berakhir 2-2 pada laga penyisihan Grup A Babak 8 Besar Liga 3 Rayon Bali 2021, di Stadion Debes Tabanan, Kamis (9/12/2021). foto: ist

TABANAN – Juara bertahan, Perseden Denpasar secara mengejutkan ditahan PS Gianyar dengan skor 2-2 pada match day ketiga bagi kedua tim sekaligus mengakhiri laga Babak 8 Besar Liga 3 Rayon Bali 2021 dengan status juara Grup A, di Stadion Debes, Kabupaten Tabanan, Kamis (9/12/2021).

Pada laga itu, Perseden tampak menurunkan lebih dari lima pemain pelapisnya. Pasalnya, apa pun hasil melawan PS Gianyar tidak akan mempengaruhi posisi tim berjuluk Laskar Catur Muka itu yang sudah hampir pasti mengantongi tiket semifinal.

Bacaan Lainnya

Tiket semifinal itu sudah dioptimalkan tim besutan duet pelatih Wayan Sukadana dan Komang Mariawan, pada dua laga sebelumnya dengan kemenangan meyakinkan. Berbekal surplus 8 gol dan tanpa kemasukan, cukup bagi Made ”Mucin” Antha Wijaya dan kawan-kawan bermain lebih enjoy bahkan terkesan santai.

Tentu saja, komposisi Perseden sangat menguntungkan PS Gianyar yang membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa mereka merebut satu tiket semifinal yang masih tersisan. Maka, begitu peluit kick off ditiup Wasit Muditha (Badung), PS Gianyar langsung lebih berinisiatif menyerang.

Dan, baru saja laga berlangsung 13 menit, akhirnya PS Gianyar yang dbesut duet pelatih Edi Supri Yono dan Suarya, sudah mampu menjebol gawang Perseden melalui penyerang Made Agus Wijaya.

Baca juga :  Rapat Paripurna DPRD, Bupati Tamba Komitmen Genjot PAD Jembrana

Tertinggal satu gol, Perseden langsung bangkit. Tidak butuh waktu lama, tepatnya menit ke-31, Perseden berhasil menyamakan kedudukan 1-1 melalui sundulan tajam pemain senior Nengah Sulendra yang sulit diantisipasi kiper PS Gianyar, Made Upadana Putra Miasa.

Bahkan, Laskar Catur Muka berbalik unggul 2-1 setelah sontekan striker Reza Yulian Hidayat yang lepas dari perangkap off side, kembali memaksa kiper Made Upadana Putra Miasa, untuk keduakalinya memungut bola dari sarangnya. Skor 2-1 bertahan sampai jeda.

Selepas dari kamar ganti, PS Gianyar kembali tampil lebih menekan untuk mengejar deffisit satu gol, bahkan mungkin berusaha memenangkan pertandingan krusial tersebut. Akhirnya lewat upaya yang tak kenal lelah, gol penyama PS Gianyar lahir melalui gol tembakan keras Komang Gede Suteja di menit ke-66.

Skor 2-2 menjadikan pertandingan semakin menarik. Tetapi kedua tim memang kesulitan bermain maksimal di atas lapangan yang tak rata. Memang tidak turun hujan, tetapi gumpalan-gumpalan lumpur kering yang tersisa akibat guyuran hujan lebat sebelumnya, membuat kondisi lapangan tidak nyaman bagi kedua tim.

Pashing ball yang dialirkan para pemain kedua tim sering berubah arah karena tersandung gumpalan lumpur, sehingga menyulitkan membangun kerja sama, terutama aliran bola dari kaki ke kaki. Lebih celaka lagi, gumpalan lumpur kering bahkan bisa membuat luka pemain. Skor 2-2 pun akhirnya bertahan sampai bubaran.

Baca juga :  Pemilih Tabanan Bertambah 2.000 Lebih

Meski hanya mendapat tambahan satu poin, hasil itu sudah cukup bagi Perseden mengakhiri laga dengan status juara Grup A. Sementara, PS Gianyar sementara menguntit di urutan kedua dengan nilai 4 dan sudah pasti belum aman untuk menemani Perseden ke semifinal

Laga antara East Bali FC Karangasem vs tuan rumah Perst Tabanan, Jumat (10/12/2021) ini akan menjadi penentu nasib PS Gianyar. Jika berakhir imbang apalagi East Bali menang, PS Gianyar harus siap-siap menyampaikan sayonara Liga 3. Tapi jika Perst bisa menang, maka nasib PS Gianyar akan terselamatkan.

Mengomentari hasil imbang 2-2 tersebut, Manajer Perseden AA. Alit Made Wiartha mengaku bisa memaklumi strategi tim pelatih. ”Selain memberi jam terbang bagi pemain yang selama ini jarang diturunkan, juga sejumlah pemain inti rawan terkena akumulasi kartu karena sebagian besar sudah mengantongi satu kartu kuning,” kata pria yang akrab disapa Gung Guntur itu.

Fokus Perseden sekarang, tambahnya, menatap laga semifinal sehingga menurunkan komposisi pemain terbaik. Sementara siapa lawan Perseden atau yang menjadi runner up Grup B akan ditentukan pada dua partai, PS Jembrana vs Tunas Muda Ubud Gianyar dan Undiksha FC Buleleng melawan Sahadewa Galapagos United Gianyar.

Yang jelas, Galapagos sendiri sudah tidak punya peluang lolos ke semifinal. Sementara PS Jembrana sudah pasti ke semifinal. Ini artinya satu tiket semifinal di Grup B masih diperebutkan antara Undiksha dan Tunas Muda. ”Siapa pun lawan di semifinal, pastinya Perseden siap,” tegas Gung Guntur.

Baca juga :  Update Covid-19 di Denpasar: Sembuh 15 Orang, Kasus Positif Bertambah 11 Orang

Sementara, Wayan Sukadana selaku pelatih kepala Perseden mengaku tidak terlalu ambil pusing dengan hasil 2-2 tersebut. Tetapi menurutnya, baik untuk dijadikan bahan evaluasi terutama bagi pemain yang kekurangan menit bermain. ”Fokus kami sekarang, adalah mempersiapkan pemain untuk menghadapi laga semifinal,” pungkas Sukadana. yes

      KLASEMEN SEMENTARA
GRUP A
1.Perseden   3 2 1 0 10-2  7
2.PS Gianyar 3 1 1 1 5-4   4
3.East Bali  2 1 0 2 2-5   3
4.Perst      2 0 0 2 0-6   0

Jadwal Jumat (10/12/2021):
East Bali vs Perst Tabanan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.