Legislator PDIP Berdayakan Warga Buat Masker

  • Whatsapp
DUA legislator PDIP asal Desa Lebih, Anak Agung Wira Mantara dan Wayan Gede Pradnyana, mengecek pembuatan masker di salah satu penjahit di Desa Lebih. Foto: adi
DUA legislator PDIP asal Desa Lebih, Anak Agung Wira Mantara dan Wayan Gede Pradnyana, mengecek pembuatan masker di salah satu penjahit di Desa Lebih. Foto: adi

GIANYAR – Untuk memenuhi puluhan ribu masker yang akan dibagikan ke warga, dua anggota dewan asal Desa Lebih, Gianyar, berdayakan warganya. Anggota Fraksi PDIP DPRD Bali, Anak Agung Wira Mantara  dan anggota Fraksi PDIP DPRD Gianyar, Wayan Gede Pradnyana, berdayakan 21 tukang jarit yang ada di desanya untuk membuat masker.

Anak Agung Wira Mantara yang akrab di sapa Gung Wira, Minggu (19/4/2020) mengatakan, saat ini kebutuhan masker sangat tinggi, bahkan untuk mendapatkan dalam jumlah banyak juga sulit. Karena itulah, ia berinisitif untuk memberdayakan tukang jahit yang ada di desanya. “Karena kesulitan mendapatkan masker dalam jumlah banyak, saya berdayakan tukang jahit yang ada di desa,” jelas anggota Komisi 1 DPRD Bali ini.

Baca juga :  Di Indonesia, Total COVID-19 Jadi 450 Kasus

Lanjutnya, ia memberikan kesempatan kepada warga Desa Lebih yang mau membuat masker. Sampai saat ini, sudah ada 21 penjahit. “Kalau masih ada penjahit di desanya yang mau buat masker, kita berikan kesempatan dan order,” ujarnya. 

Dikatakanya, selain ia bisa mendapatkan masker, dari sisi ekonomi juga membantu warga yang terdampak dari merebaknya wabah Covid-19. “Kita membantu warga untuk mendapatkan penghasilan dari membuat masker. Yang tadinya mereka kesulitan membayar SPP anaknya, bisa terbantu,” jelasnya.

Gung Wira mengharapkan, agar warganya mulai terbiasa memakai masker saat keluar rumah, walaupun wabah Covid-19 ini sudah berlalu. “Kita mengharapkan warga membiasakan diri memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Setelah Covid-19 berlalu, akan bermanfaat untuk mengantisipasi debu dan juga polusi udara,” ujarnya.

Baca juga :  Evakuasi Korban Gantung Diri, Petugas Medis Klungkung Gunakan APD

Sementara itu, Wayan Gede Pradnyana, yang biasa disapa Toris ini, mengatakan, selain membagikan masker, ia juga membagikan pembersih tangan, melakukan penyemprotan disinfektan dan juga fogging. Untuk penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh wilayah Desa Lebih. “Sedangkan untuk di rumah warga, disiapkan disinfektan di balai banjar. Warga diharapkan melakukan penyemprotan secara mandiri di rumahnya masing-masing,” jelas anggota Komisi 3 DPRD Gianyar ini.

Disamping itu, kedua anggota dewan yang juga keduanya mantan Perbekel Desa Lebih ini, juga terus mengedukasi warga agar hidup sehat. Ia meminta warga agar membiasakan cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, dan tidak keluar rumah kalau tidak ada yang penting. ‘’Kita ajak warga dengan pola hidup sehata dan bersih. Sehingga mata rantai penyebaran Covid-19 bisa diputus,’’ pungkas kedua kader PDIP ini. 011

banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 SMK BALI DEWATA

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.