Latih Wirausaha, SMKN 1 Sikur Dirikan Kantin Pujasera

KABID SMK Dikbud NTB, M. Khairul Ikhwan (kanan) saat meluncurkan kantin Pujasera SMKN 1 Sikur, Lotim. Foto: ist

MATARAM – Kantin Pujasera SMKN 1 Sikur di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mulai dioperasikan awal 2023. Diharapkan, Kantin Pujasera dapat melatih siswa untuk berwirausaha.

Kabid SMK Dikbud NTB, M. Khairul Ikhwan, yang berkesempatan meluncurkan Kantin Pujasera, mengatakan, keberadaan kios mini ini akan dapat menjadi bagian dari praktik para siswa dalam rangka ikut terlibat sebagai pelaku wirausaha.

Bacaan Lainnya

Hal ini sejalan dengan proses pembelajaran di SMK yang mulai spesifik pada kebutuhan pasar. ‘’Adanya Kantin Pujasera, akan dapat membuat lulusan SMK bisa menjadi pengusaha,’’ kata dia, Sabtu (7/1/2023).

Ikhwan mendaku bahwa dengan pembelajaran kurikulum SMK yang difokuskan pada profesionalitas sesuai jurusannya. Maka, hal ini akan dapat membuat para siswa dapat langsung mempraktikkan ilmu yang diperoleh. ‘’Yang pasti paradigma SMK sekarang ini, fokus menanamkan siswa untuk menjadi calon wirausaha secara mandiri dan profesional,’’ ucap dia.

Sementara itu, kepala SMKN 1 Sikur, Hasbi Ahmad, mengatakan, pihaknya mulai fokus menerapkan kelas wirausaha. Ini sebagai langkah menyukseskan program SMK Industrialisasi yang dicanangkan oleh Gubernur dan Dikbud NTB.

‘’Alhamdulillah, SMKN 1 Sikur lebih fokus untuk menjalani program ini. Salah satunya yang SMKN 1 SIKUR lakukan juga yaitu Awsome (Aktivitas Wirausaha Sekolah Menyenangkan) yang dijadwalkan pada hari sabtu, di situlah aktivitas guru dan siswa lebih fokus dalam mempraktikkan wirausaha melalui Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila dan penerapan 11 SMK Gemilang Karya,’’ jelas Hasbi Ahmad. rul

Baca juga :  Dua Akun Penghina Gubernur Koster di Medsos Dipolisikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.