KSU Banjar Sampiang Bagikan Sembako, Bupati Mahayastra Sumbang 1 Ton Beras

  • Whatsapp
BUPATI Gianyar, Made Mahayastra (kanan) saat memberi bantuan 1 ton beras kepada KSU Banjar Sampiang untuk dibagikan kepada warga. foto: adi

GIANYAR – Koperasi Serba Usaha (KSU) Banjar Sampiang, Gianyar kembali memberi bantuan paket sembako kepada warga Sampiang, Jumat (22/1/2021). Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, yang turut hadir bersama Wakil Bupati Agung Mayun dan Sekda Wisnu Wijaya turut menyumbangkan bantuan 1 ton beras untuk dibagikan kepada warga.

Dalam kesempatan itu, Bupati Mahayastra berharap KSU Banjar Sampiang terus berkembang dengan memperluas jangkauannya. “Harus naik kelas juga menjadi Koperasi Provinsi. Ke depan juga akan ada pasar besar di sini, semoga KSU Banjar Sampiang bisa melayani pedagang yang ada di Pasar Umum Gianyar. Semoga RAT berikutnya lompatan asetnya lebih tinggi,” pesannya.

Bacaan Lainnya

Mahayastra juga mengapresiasi perkembangan KSU Banjar Sampiang yang begitu pesat. Dari modal awal sekitar Rp15 juta pada 17 tahun lalu kini perputaran uang mencapai Rp19 miliar. Ini berarti sisa hasil usaha sudah mencapai Rp1,1 miliar per tahun. “Artinya keuntungan per bulan sekitar 100 juta,” pujinya.

Mengingat perkembangan koperasi yang sangat bagus di Banjar Sampiang, Bupati Mahayastra juga mengingatkan agar bijak mengelola koperasi sesuai peraturan perundang-undangan agar tetap maju.

Ketua Koperasi, Dewa Putu Tagel Yasta, menambahkan, pembagian sembako kali ini merupakan untuk kali kedua. Paket sembako berisi 25 kg beras, 1 krat telur, 1 dus mi, serta 2 kg minyak goreng. Pembagian sembako sebelumnya dilakukan pada 13 Mei 2020. Sedikitnya 322 warga mendapat bagian kali ini.

Baca juga :  Pasien Sembuh di Bali Bertambah 12, Positif Covid-19 juga Bertambah 5 Orang

“300 di antaranya kepada anggota koperasi, enam paket kepada pemangku dan sulinggih, tujuh paket kepada penyandang sakit permanen, serta masing-masing tiga paket kepada penabung terbesar, pemilik deposito terbesar dan penyumbang pendapatan tiga besar,” terangnya.

Tujuan pembagian sembako ini, imbuhnya, mengingat asas koperasi dari kita, oleh kita, dan untuk kita. Jadi, seberapa kecil pun kemampuan koperasi, harus dibagikan kepada anggota. Ini juga sesuai motto KSU Banjar Sampiang yakni “Bersamalah kita bisa”.

Selain memberi paket sembako, KSU Banjar Sampiang juga rutin membagi bantuan kepada anggota atau warga yang melaksanakan upacara keagamaan. Bentuknya berupa santunan kematian senilai Rp1 juta jika ada warga yang meninggal, juga kepada warga yang melaksanakan upacara pernikahan, melahirkan ataupun sakit.

Bagi yang melahirkan, sebutnya, dibantu hingga anaknya memiliki akta kelahiran. “Kepada sekaa gong istri, penabuh angklung, termasuk organisasi Perisai Diri yang ada di sini, rutin kami beri sumbangan,” pungkasnya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.