Koperasi Ditenggat Hingga Maret untuk Langsungkan RAT

KADIS Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangli, Ni Ketut Wardani. Foto: ist

BANGLI – Jumlah koperasi di Kabupaten Bangli mencapai 242 unit, yang sebagian besar bergelut di sektor simpan-pinjam. Namun, dalam perjalanannya, lembaga keuangan ini masih ada yang “sakit”. Dinas Koperasi memberi tenggat hingga Maret 2023 untuk menggelar Rapat Akhir Tahun (RAT). Bila dalam batas waktu yang ditentukan tidak ada RAT, Diskop akan memberi teguran.

”Bila batas waktu itu ada koperasi tidak menggelar RAT tiga kali berturut-turut, sanksinya akan langsung dibubarkan melalui surat keputusan (SK) Menkop RI,” ujar Kadis Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangli, Ni Ketut Wardani, Senin (16/1/2023).

Bacaan Lainnya

Ia menerangkan, instansinya terus memberi dukungan kepada koperasi agar segera melaksanakan RAT. Sebanyak 198 unit koperasi belum melakukan RAT karena baru berdiri, sedangkan 40 unit koperasi tidak melakukan RAT. “Setelah berjalan setahun, baru koperasi yang baru berdiri wajib melaksanakan RAT,” ungkapnya.

Lebih jauh dipaparkan, RAT merupakan kewajiban setiap koperasi, karena merupakan wujud pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada anggota atas kinerjanya. RAT merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam pengambilan keputusan di koperasi, sebagai pelaksana prinsip demokrasi dan transparansi dalam tata kelola koperasi. Makanya RAT wajib dilakukan setiap tahun.

Baca juga :  Duh! Empat Remaja Terlibat Trek-trekan Digaruk Polisi

Guna meminimalisir koperasi sakit, jelasnya, kegiatan pelatihan terhadap pengurus dari tingkatan paling bawah hingga teratas terus dilakukan. Tetapi, itu belum bisa menyentuh secara keseluruhan.

Supaya dapat menggenjot itu, dia berharap koperasi yang berkembang baik turut memberi pembinaan kepada yang lesu. “Untuk meningkatkan perkembangan perkoperasian di Bangli, kami akan menggandeng koperasi yang sehat untuk ikut membagi ilmu,” pungkasnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.