Kontes Anjing Kintamani untuk Lestarikan Ras Lokal

KONTES Anjing Kintamani tahun 2022 di Alun-alun Kota Bangli, Minggu (8/5/2022), dibuka oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta. Foto: ist

BANGLI – Mempertahankan pengakuan dunia atas anjing kintamani, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, membuka Kontes Anjing Kintamani tahun 2022 di Alun-alun Kota Bangli, Minggu (8/5/2022). Turut hadir Wakil Bupati I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika, Forkopimda Bangli, para pecinta anjing kintamani, dan para undangan.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli, I Made Alit Parwata, melaporkan, keberadaan anjing kintamani merupakan salah satu unsur biodiversitas yang menjadi satu pendukung Batur UNESCO Global Geopark Network.

Bacaan Lainnya

Trah anjing kintamani juga mendapat pengakuan sebagai Anjing Ras Dunia dari Federation Cynecologue Internasional (FCI), organisasi anjing trah seluruh dunia yang bermarkas di Thuin, Belgia. Dengan demikian, anjing kintamani bisa disejajarkan dengan bulldog, pitbull, shithzui, siberian husky, dalmatian, cihuahua dan lain-lain.

Pemkab Bangli, sebutnya, memberi perhatian besar terhadap keberadaan anjing kintamani dengan Perda Kabupaten Bangli Nomor 04/2015 tentang Kawasan Pemurnian Anjing Kintamani Bali, dan Desa Sukawana, Desa Siakin serta Desa Pinggan ditetapkan sebagai Desa Kawasan Pelestarian. “Kontes kali ini merupakan wujud nyata perhatian pemerintah terhadap pelestarian anjing kintamani,” paparnya.

Kontes kali ini dibagi dua jenis, yakni kontes anatomi anjing kintamani di semua kelompok umur; dan lomba agility (ketangkasan) untuk semua trah anjing. Peserta sebanyak 70 anjing berasal dari berbagai daerah, dengan juri dari Komunitas Himpunan Trah Anjing Kintamani Bali (HTAKB) dan Bali Agility Team (BAT).

Baca juga :  Data Korban Corona Tidak Valid, DPRD NTB Agendakan Panggil Satgas Covid-19

Bupati Sedana Arta menambahkan, melalui kontes anjing kintamani ini dia berharap dapat menggugah masyarakat, khususnya para penggemar anjing kintamani, lebih menyayangi peliharaan mereka. Dia menyebut anjing kintamani jika dirawat dengan baik akan mampu menunjukkan intelegensi dan penampilan yang tidak kalah dengan anjing ras lainnya.

Sedana Arta juga minta agar dibentuk brider di masing-masing desa sesuai yang ditetapkan dalam Perda. Pemkab akan memberi dukungan terkait pengembangan dan pelestarian anjing kintamani. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.