Kelurahan Penatih Kembali Gelar Sidak Prokes, Nihil Pelanggar, Apresiasi Kesadaran Masyarakat

  • Whatsapp
PELAKSANAAN sidak penerapan prokes di wilayah Kelurahan Penatih, Sabtu (3/10/2020). Foto: ist
PELAKSANAAN sidak penerapan prokes di wilayah Kelurahan Penatih, Sabtu (3/10/2020). Foto: ist

DENPASAR – Sebagai bentuk sosialisasi dan penegakan Peraturan Gubernur (Pergub) No. 46 Tahun 2020 dan Peraturan Walikota (Perwali) No. 48 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19) dalam Tatanan Kehidupan Era Baru, Kelurahan Penatih bersama unsur TNI-Polri, Satgas Kecamatan, Linmas dan  desa adat serta pecalang setempat kembali melaksanakan sidak penerapan protokol kesehatan (Prokes) utamanya penggunaan masker pada Sabtu (3/10/2020).

Kegiatan yang digelar secara rutin ini menyasar dua lokasi utama. Yakni kawasan Pasar Panatih dan pertigaan kantor Lurah Penatih. Dari kegiatan yang digelar pagi hari ini, tidak ditemukan pelanggaran oleh masyarakat yang melintas. Selain itu, pengawasan rutin juga dilaksanakan dengan menyasar seluruh wilayah Kelurahan Penatih termasuk toko, usaha, dan fasilitas publik lainya.

Bacaan Lainnya

Lurah Penatih, I Wayan Astawa, menjelaskan bahwa pelaksanaan sidak rutin ini merupakan sebuah upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat. Hal ini berkaitan dengan penegakan hukum Pergub No. 46 Tahun 2020 dan Peraturan Wali Kota Denpasar No.48 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan hukum Protokol kesehatan Kepada Masyarakat Kelurahan Penatih. Selain itu, pelaksanaan giat kali ini juga untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat bahwa aturan tersebut dilaksanakan pengawasan intensif yang disertai penegakan hukum berupa denda.

Baca juga :  Ciptakan Pariwisata Denpasar Aman Covid-19, Disparda Terapkan Sertifikasi Protokol Kesehatan

Astawa juga turut mengapresiasi tumbuhnya kesadaran masyarakat. Hal ini terbukti dengan nihilnya pelanggaran pada pelaksanaan sidak kali ini. “Kami memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah mulai sadar dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan guna mendukung pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Astawa.

“Saya berharap kepada masyarakat, agar mengetahui dan semakin paham bahwa cara yang sederhana dan paling efektif untuk mencegah penularan virus covid-19 adalah disiplin dan kesadaran pada diri sendiri memakai masker yang benar, tidak menaruh masker di leher. Dengan mengikuti itu semua maka virus Corona cepat bisa kita atasi dan perekonomian bisa pulih kembali,’’ imbuhnya. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.