Jumat Malam Ini, Drama Gong-Arja Meriahkan HUT Kota Bangli

SERANGKAIAN memeriahkan HUT ke-818 Kota Bangli, Pemkab Bangli akan mementaskan drama gong dan arja legenda atau legend dalam bahasa gaulnya, Jumat (13/5/2022) malam ini. foto: ist

BANGLI – Pada era tahun 1990-an, grup Drama Gong Sancaya Dwipa sangat terkenal. Duet punakawan Petruk (I Wayan Subrata) dan Dolar (Wayan Tarma-alm) sangat lihai mengocok perut penonton. Sayang, masa keemasan drama gong pudar dilibas perkembangan zaman, sampai nyaris ditelan bumi.

Membangkitkan kembali kejayaan drama gong tersebut, serangkaian memeriahkan HUT ke-818 Kota Bangli, Pemkab Bangli akan mementaskan drama gong dan arja legenda atau legend dalam bahasa gaulnya, Jumat (13/5/2022) malam ini.

Bacaan Lainnya

Meski personel drama gong ini tidak utuh karena sebagian meninggal, kehadiran seniman tua ini diyakini akan dinanti masyarakat Bangli. Keyakinan itu disampaikan Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Kamis (12/5/2022).

Didampingi Ketua Panitia HUT Kota Bangli, Dewa Agung Bagus Riana Putra; serta Kabag Humas Nengah Karya Atmaja, Bupati berkata pihaknya memiliki komitmen tinggi melestarikan seni dan budaya yang berkembang di masyarakat Bangli.

“Dulu kita banyak punya seniman drama yang bisa mengharumkan nama Bangli, seperti Dwi Madya Yani, Petruk, Dolar (alm), Perak dan sejumlah pemain lainnya yang tenar tahun 1990-an,” bebernya.

Namun, drama gong mulai tersingkir kehadiran sinetron dan seni peran lainnya. Bahkan nyaris tidak pernah dipentaskan lantaran kurang diminati penonton. Dia bersama panitia dan beberapa anak muda akan berupaya mengembalikan kejayaan drama gong.

Baca juga :  Pimpin Apel HUT ke-75 RI, Rai Mantra Ajak Tingkatkan Kreativitas Untuk Indonesia Maju

Pemain yang masih muda akan diminta untuk pentas, dan dia yakin kehadiran pemain legend akan bisa menyedot penonton. “Saat ini masyarakat haus hiburan di tengah rajaman pandemi Covid-19. Kami yakin drama gonglegend ini diminati penonton,” sambungnya optimis.

Selain drama gong, juga akan dipentaskan kesenian arja dengan yang tampil adalah seniman tua di Desa Apuan, Susut. Para seniman arja ini memberi masukan agar mereka sesekali diberi kesempatan pentas pada HUT Kota Bangli.

Secara umum, Ketua DPC PDIP Bangli itu melihat masyarakat Bangli memiliki potensi besar dalam berbagai hal, baik dunia olahraga maupun seni budaya. “Generasi muda Bangli banyak memiliki bakat terpendam, kini kita tinggal memoles dan memberi banyak ruang untuk mereka berkreasi,” tegasnya.

Berkaitan dengan HUT Kota Bangli, Dewa Agung Riana Putra menjelaskan perayaan dikemas sedemikian rupa. Selain acara seremonial, perayaan HUT Kota Bangli akan diisi dengan pentas seni budaya dan pergelaran musik. Berupaya menampilkan kearifan lokal, puluhan seniman muda dan seniman tua akan dilibatkan dalam perayaan. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.