Jalan Rusak Bertahun-tahun di Desa Lokapaksa Tak Kunjung Diperbaiki

  • Whatsapp
KONDISI jalan menuju ke pantai di wilayah Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, Buleleng yang dalam kondisi rusak parah. foto: ist

BULELENG – Kondisi jalan menuju ke pantai yang ada di wilayah Dusun Carik Agung, Desa Lokapaksa, Kecamatan Seririt, Buleleng, Bali rusak parah. Kerusakan jalan ini sudah terjadi sejak tujuh tahun lalu, dan hingga kini belum diperbaiki. Padahal jalan tersebut merupakan akses vital bagi masyarakat desa setempat.

Sejumlah warga pun mengeluhkan rusaknya jalan tersebut. Apalagi saat musim hujan jalan itu tergenang air karena ada beberapa titik yang berlubang. Jalan yang berstatus kabupaten itu berfungsi sebagai akses keluar masuk warga yang kebanyakan sebagai petani dan nelayan.

Bacaan Lainnya

Perbekel Desa Lokapaksa, Wayan Ariadi, tak menampik kondisi jalan sepanjang 1,3 Kilometer itu dalam kondisi rusak. “Sekarang ini sudah tujuh tahun jalan itu rusak, dan belum pernah tersentuh perbaikan dari pemerintah,” kata Ariadi, Rabu (13/1/2021).

Menurut Ariadi, setiap tahun perbaikan jalan yang rusak tersebut sudah diusulkan kepada pemerintah, namun hingga kini belum terealisasi. Meski demikian, dia sudah mendengar adanya rencanapenganggaran untuk perbaikan jalan itu di tahun 2021.Kabar itu ia dapatkan dari salah satu anggota DPRD Buleleng asal Desa Lokapaksa.

“Sebenarnya tahun 2020 sudah masuk prioritas, tetapi karena refocusing anggaran untuk Covid-19. Kalau benar sudah di tahun 2021, kami berharap segera diperbaiki. Kasihan warga yang memanfaatkan jalan itu,” jelas Ariadi.

Baca juga :  Puluhan Dosen Poltek KP Jembrana Dites Cepat

Anggota DPRD Buleleng, Gusti Putu Kusumayasa, mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Bupati Buleleng maupun Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng. Dari koordinasi itu, jalan tersebut sudah menjadi skala prioritas perbaikan pada anggaran tahun 2021.

Selain itu, lanjut Kusumayasa, jalan yang menuju Pura Dalem di Dusun Kembang Sari dan ruas jalan ke Dusun Sorga-Desa Ularan juga akan diperbaiki. “Kami harap kedepan tidak ada halangan. Jadi, warga merasa lega karena jalan yang selama ini rusak parah sudah diperbaiki,” ujar politisi Partai Perindo ini.

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR Buleleng, Putu Adiptha Ekaputra, menjelaskan, usulan perbaikan jalan tersebut sudah dimasukkan melalui anggaran yang bersumber dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sekarang masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat. Jika disetujui, dipastikan perbaikan ruas jalan yang rusak tersebut akan dilakukan tahun ini.

Adapun alokasi anggaran untuk perbaikan jalan yang bersumber dari APBD Buleleng, kata Adiptha, masih sangat kecil. “Kami masih tunggu kepastian (usulan) itu diterima oleh pemerintah pusat,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.