Jadi Epicentrum Pertumbuhan Ekonomi Baru, PLN Komit Dukung Keandalan Kelistrikan di NTB

DIRUT PLN, Darmawan Prasodjo (tengah); didampingi GM PLN UIP Nusa Tenggara, Sudjarwo; GM PLN UIW Nusa Tenggara Barat, Direktur Mega Project dan Energi Baru saat meresmikan proyek SKTT 150 kv GIS Peaker- Switching Mataram, di Gerimak, Kota Mataram. Foto: rul

MATARAM – PLN terus membangun infrastruktur kelistikan untuk memaksimalkan keandalan listrik di wilayah Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Provinsi NTB dinilai sebagai epicentrum pertumbuhan ekonomi baru nasional, terutama di sektor kepariwisataan.

‘’Sistem kelistrikan terus kita perkuat. Kita paham NTB (saat ini) jadi epicentrum titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, salah satunya perhelatan internasional MotoGP Mandalika,’’ ujar Dirut PLN, Darmawan Prasodjo, di sela peresmian proyek SKTT 150 kv GIS Peaker- Switching Mataram, di Gerimak, Kota Mataram, Sabtu (19/3/2022).

Bacaan Lainnya

Selain itu, juga diresmikan GI 150 kV Switching Mataram, SUTT 150 kv Switching Mataram – Mataram GI 150 kV Mataram.

Darmawan menjelaskan, penguatan sistem kelistrikan di NTB sudah diinisiasi PLN sejak 3 tahun lalu. Pertimbagannya adalah potensi NTB sebagai daerah pertumbuhan ekonomi baru.

‘’Ini sudah diinisiasi tiga tahun yang lalu, dan kulmininasinya hari ini (Sabtu lalu). Kita resmikan swicthing Mataram, saluran kabel tegangan tinggi 150 kv, dan ada juga saluran udara 150 Kv, serta switching GI dan GI Mataram sendiri,’’ jelasnya.

Darmawan menjelaskan, melihat potensi NTB sebagai epicentrum pertumbuhan ekonomi baru, maka infrastruktur yang tadinya radial satu garis, kini ditingkatkan looping dengan ring melingkar. Sehingga saat ini ketersediaan listrik bisa lebih balance, terjaga, dan transmisi kelistrikan lebih andal.

Baca juga :  Menyelam Mencari Ikan, Warga Pemaron Ditemukan Tewas Tenggelam di Lovina

‘’Jadi memang saat ini kapasitas tersedia sudah melebihi kebutuhan atau demand. Tetapi kita terus tingkatkan untuk mengantisipasi lonjakan event pariwisata, perhelatan internasional, dan juga pertumbuhan investasi baru di NTB ini,’’ ujarnya.

Sementara untuk perhelatan MotoGP Mandalika, papar Darmawan, PLN juga sudah meningkatkan sistem kelistrikan. Fasilitas Genset dan UPS anti kedip juga sudah disediakan dengan penyulang yang semakin mantap.

‘’Dengan penguatan infrastruktur kelistrikan ini, kami mendukung MotoGP Mandalika sebagai pertanda pertumbuhan ekonomi baru di NTB ini,’’ katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan, secara nasonal saat ini PLN terus berupaya mendukung nol karbon.’’PLN sudah me-launching karbon netral 2020, sebagai ikhtiar menuju nol karbon,’’ katanya.

Dijelaskan, saat ini emisi karbon dari aktivitas kelistrikan mencapai 240 juta ton per tahun. Jika tanpa ada intervensi dan pendekatannya hanya bisnis, maka ini akan meningkat dan melonjak menjadi 290 juta ton per tahun.

Namun PLN terus mendorong penerapan transimisi energi berbasis energi terbarukan. ‘’Target kita nol karbon 2060 dengan transisi energi berbasi pada energi bersih maka bisa nol karbon pada 2060,’’ katanya.

Dalam jangka pendek ini, PLN mulai mengubah sejumlah pembangkit berbahan bakar BBM ke energi baru terbarukan seperti gas dan bateray. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.