Sandiaga : MotoGP Mandalika Ajang Kebangkitan Ekonomi Indonesia

MENPAREKRAF Sandiaga Salahudin Uno (kiri); bersama Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, saat meninjau stand panganan lokal UMKM di komplek Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022). Foto: rul

LOTENG – Perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia yang sukses digelar di Mandalika International Street Circuit di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), diproyeksikan akan mampu membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terutama, mendukung momentum pemulihan pascapendemi Covid-19.

‘’MotoGP Mandalika 2022 harus memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi,’’ ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno, pada wartawan saat meninjau stand UMKM bersama Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, Minggu (20/3/2022).

Bacaan Lainnya

Kehadiran dan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat mendukung pemberdayaan pelaku usaha, khususnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal. ‘’Kita harus pastikan MotoGP ini membawa optimisme kebangkitan, dan kita terus rawat momentum dari kepulihan ekonomi kita,’’ tegas Sandiaga.

Menurut dia, pemerintah telah menjalankan berbagai program dalam memberdayakan UMKM lokal, dengan memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi, sehingga dapat memperkuat daya tarik bagi wisatawan.

‘’Kita harus dapat menghadirkan produk-produk berkualitas yang tentunya bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi kita,’’ ungkap Sandiaga.

Dalam mempromosikan produk ekonomi kreatif, Kemenparekraf melalui Deputi Bidang Pemasaran juga mengadakan showcasing produk ekonomi kreatif melalui planogram Goes to Mandalika di tempat yang sama.

Baca juga :  Rakor Perwakilan YPLP PGRI Provinsi Bali, Sekolah PGRI Didorong Jadi Pelopor Membangun Ekosistem Pendidikan

Melalui planogram ini, wisatawan dapat membeli produk-produk ekonomi kreatif dengan melakukan pindai pada barcode (kode batang) yang tersedia di tiap produk.

‘’Terdapat 300 produk yang terdiri dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner dalam planogram Goes to Mandalika,’’ ucap Sandiaga.

MotoGP Indonesia merupakan seri kedua dari Kejuaraan Dunia 2022 setelah sebelumnya seri pertama berlangsung di Qatar pada awal Maret 2022. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.