IKM dan UMKM Seperti Lilin di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
KETUA Dekranasda Provinsi Bali, Putri Koster. Foto: ist
KETUA Dekranasda Provinsi Bali, Putri Koster. Foto: ist

BANGLI – Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putri Koster, menyampaikan, di tengah pandemi Covid-19 yang menghantam sektor pariwisata, IKM dan UMKM berusaha untuk terus bertahan dan tetap produktif, sehingga bisa menggerakkan perekonomian Bali yang terpuruk. ‘’Sektor IKM dan UMKM bagaikan lilin yang berusaha tetap menyala di tengah kegelapan pada masa pandemi,’’ kata Putri Koster dalam acara webinar dan diklat pengembangan UMKM di Museum Geopark, Kintamani, Bangli, Senin (6/12/2021).

Dikatakan, Dekranasda Provinsi Bali bersinergi dengan Dekranasda Kabupaten/Kota se-Bali terus berupaya agar IKM dan UMKM tetap produktif di masa pandemi. Secara rutin dilakukan sosialisasi terkait produk kerajinan IKM, baik melalui media cetak maupun media elektronik.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, lanjut dia, sejak November 2020, Dekranasda Provinsi Bali memberikan ruang kepada para IKM dan UMKM untuk melakukan pameran hasil kerajinannya secara bergilir di Taman Budaya Art Centre Denpasar. ‘’Hingga saat ini penyelenggaran pameran IKM UMKM Bali Bangkit sudah digelar yang kelima kalinya,’’ imbuhnya.

Dia menambahkan, pandemi Covid-19 telah mengajarkan banyak hal khususnya bagi pelaku IKM dan UMKM. Dengan terjadinya pandemi, para perajin mau tidak mau, suka tidak suka harus memasuki pasar digital untuk menjual produknya dan transaksinya.

Baca juga :  Secara Nasional Bertambah 3.931, Pasien Sembuh Menjadi 349.497 Orang

‘’Balimall. Id adalah salah satu platform digital yang mempertemukan para UMKM dengan konsumen dan transaksi yang dilakukan juga menggunakan digital,’’ ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya terus mengedukasi dan melakukan sosialisasi kepada pelaku IKM dan UMKM agar memasuki era digital, baik dalam pemasaran produk maupun transaksinya. ‘’Saya berharap agar para pelaku IKM maupun UMKM dapat terus menjaga kualitas produknya masing-masing tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki yang tentu saja berbeda satu daerah dengan daerah lainnya,’’ harapnya memungkasi. alt

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.