Ida Ayu Ratih Herawati : Perempuan Harus Kreatif di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
WAKIL Sekretaris KONI Bali, Ir. Ida Ayu Ratih Herawati. Foto: ist
WAKIL Sekretaris KONI Bali, Ir. Ida Ayu Ratih Herawati. Foto: ist

PERAN perempuan di masa pandemi Covid-19 ini cukup besar. Dampak Covid-19 bukan hanya pada kesehatan saja. Tapi seluruh kehidupan, ekonomi dan sosial juga ikut terimbas. Hal tersebut dikatakan Wakil Sekretaris KONI Bali, Ir. Ida Ayu Ratih Herawati, kepada POS BALI, saat dimintai pendapatnya terkait emansipasi wanita di tengah pandemi Covid-19, dalam rangka peringatan Hari Kartini, Senin (20/4/2020).

Menurut Srikandi KONI Bali ini, dalam kondisi seperti sekarang membutuhkan kreativitas untuk tetap menjaga ekonomi berputar. Disini, dikatakan Dayu Ratih, perempuan dapat tampil membantu perekonomian keluarga. Terlebih, bagi keluarga yang saat ini mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun dalam status dirumahkan dari perusahaan tempat mereka mencari nafkah.

Baca juga :  Pintu dan Plafon Rusak, Bupati Suwirta Perintahkan Perbaikan Ringan Bangunan Dinas Pendidikan

“Sekarang saatnya perempuan tampil kreatif. Kalau sebelumnya mereka bekerja di perusahaan, atau memang sebagai ibu rumah tangga, bisa tetap menjaga ekonomi keluarga dengan keahlian lain yang mereka punya,” ujar Dayu Ratih yang juga direktur konsultan teknik ini.

Seruan work from home(WFH) dari pemerintah, menurut Dayu Ratih, bisa dimanfaatkan secara optimal melalui celah-celah bisnis yang ada seperti membuat kue atau menjahit masker kain. Terlebih saat ini transaksi bisa dilakukan secara online. Dengan demikian, menurut dia, peluang bisnis dari rumah bukan saja untuk produksi, tapi sekaligus memasarkan produk.

Di tengah wabah pandemi Covid-19, owner SPBU 36 Kampial ini justru melihat akan muncul usaha-usaha baru skala home industry(industrirumah tangga) usai wabah berakhir. Para perempuan saat ini juga mulai terlihat aktif dalam ikut menjaga perekonomian keluarga. “Kita belum tahu sampai kapan situasi work from home ini berakhir. Tapi, kita harus selalu siap dalam kondisi apapun agar ekonomi tetap berjalan. Kita semua harus saling bahu-membahu, setidaknya berusaha menjadi bagian terkecil di tingkat rumah tangga,” pungkasnya tokoh perempuan ini. alt

banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 SMK BALI DEWATA

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.