HBK Salurkan Sumbangan Sumur Bor Kemenhan ke Pulau Lombok

ANGGOTA DPR RI, Bambang Kristiono (kanan), saat meninjau program sumur bor di di Pulau Lombok, Senin (9/1/2023). Foto: ist

MATARAM – Sepanjang tahun 2022, anggota DPR RI asal Pulau Lombok, Bambang Kristiono, membawa program aspirasi yang Kementerian Pertahanan untuk membangun sumur bor di titik-titik permukiman warga yang selalu mengalami kekeringan. Sumur bor itu berhasil diperjuangkan untuk dibawa ke Pulau Lombok.

“Pembangunan sumur-sumur bor ini kami harap mampu menjadi solusi tuntas, permanen, dan jangka panjang bagi pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat,” kata HBK, sapaan akrab Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Senin (9/1/2023).

Bacaan Lainnya

Dia menyebut sumur-sumur bor itu kini menjadi penyuplai utama kebutuhan air bersih masyarakat terdampak. Persoalan kekeringan memang masih jadi momok bagi sebagian masyarakat di Pulau Lombok, juga NTB.

Sepanjang tahun 2022 misalnya, tujuh kabupaten dan satu Kota memberlakukan status siaga darurat kekeringan. Dua kabupaten bahkan menaikkan statusnya menjadi tanggap darurat kekeringan, karena warganya sangat kesulitan mengakses air bersih.

Saban tahun, sedikitnya lebih dari 500 ribu jiwa selalu kena dampak kekeringan. Di Pulau Lombok, bencana kekeringan terjadi di empat kabupaten yakni di Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Utara. Kekeringan utamanya melanda masyarakat pesisir bagian selatan, juga sebagian di pesisir bagian utara dan timur.

Baca juga :  Hasil Tes Usap Positif, Staf Disdikpora Buleleng Meninggal

Di Pulau Lombok, HBK melalui yayasan HBK Peduli menyediakan tiga armada mobil tangki air yang setiap hari rutin menyuplai kebutuhan air bersih kepada masyarakat di daerah terdampak kekeringan. Tahun 2023 akan ada tambahan satu unit armada tangki air bersih.

Hanya, HBK mengaku sadar bantuan air bersih dengan armada mobil tangki air hanya solusi sementara, dan sangat situasional. “Pembangunan sumur-sumur bor oleh Kemenhan ini adalah solusi tuntas, permanen, dan jangka panjang,” lugasnya.

HBK menyampaikan apresiasi serta penghormatan kepada Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, atas segala perhatian serta bantuan dalam mengatasi ancaman bencana kekeringan di Pulau Lombok, juga NTB. Bantuan sumur bor tidak hanya diberikan kepada masyarakat Pulau Lombok, tapi juga kepada masyarakat di Pulau Sumbawa yang akan dieksekusi pada pertengahan Januari ini.

“Mudah-mudahan Pak Menhan dapat berkunjung ke sini dan menyaksikan langsung bagaimana penting dan vitalnya bantuan sumur-sumur bor ini bagi kehidupan masyarakat,” cetus politisi Gerindra itu.

HBK berharap sumur-sumur bor bisa menjadi jalan untuk memacu warga memanfaatkan pekarangan rumah mereka menjadi lahan produktif, sebagai bagian dari upaya menopang ketahanan pangan keluarga.

Masyarakat bisa menanam aneka sayuran dan bahan pangan cepat panen seperti kangkung, bawang, cabai rawit, dan juga yang lainnya. Dengan begitu, masyarakat mempunyai stok dan cadangan pangan yang bisa dimasak saat dibutuhkan.

Baca juga :  Seorang Warganya Terjangkit DB, Desa Dangin Puri Kelod Lakukan Fogging

Selama ini, ulasnya, gerakan memanfaatkan lahan pekarangan layaknya urban farming di daerah perkotaan sulit dilakukan di daerah terdampak bencana kekeringan. Dengan kehadiran sumur-sumur bor bantuan Kemenhan, gerakan memanfaatkan lahan pekarangan untuk bercocok tanam dapat digalakkan kembali.

“Bencana pandemi Covid-19 membuka mata kita betapa ketahanan pangan sebuah negara juga bisa ikut runtuh. Kini kita patut bersyukur memiliki cukup air untuk memanfaatkan lahan pekarangan kita, menjadi penopang ketahanan pangan setiap keluarga,” tandasnya. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.