Harga Vaksin Corona Sekitar Rp200 Ribu

  • Whatsapp
ILUSTRASI vaksin Covid-19. foto: net

BANDUNG – Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir memastikan harga vaksin Covid-19 (corona) di Indonesia tidak akan memberatkan pemerintah dan harganya berkisar Rp200 ribu.

Honesti Basyir dalam siaran persnya yang diterima Selasa (13/10/2020), menyampaikan itu menanggapi pemberitaan yang menyatakan bahwa Sinovac sudah menandatangani kontrak pengadaan vaksin dengan Brazil yang akan menjualnya dengan harga 1,96 dolar AS per dosis.

Bacaan Lainnya

Brasil merupakan salah satu negara yang juga akan membeli vaksin Covid-19 dari Sinovac dan megenai harga vaksin di Brazil, yang keluar di media massa beberapa hari terakhir, dengan harga 1,96 dolar Amerika Serikat per dosis, sudah dibantah oleh pihak Sinovac, melalui surat resmi yang dikirimkan ke Bio Farma.

“Informasi harga vaksin Covid-19 di Brasil, telah kami klarifikasi ke pihak Sinovac. Mereka sudah mengirimkan surat elektronik resmi ke Bio Farma, yang memastikan, bahwa informasi dalam pemberitaan tentang kontrak pembelian 46 juta dosis dengan nilai kontrak 90 juta dolar Amerika Serikat dengan pemerintah Brasil tidak tepat, dan mengenai harga 1,96 dolar Amerika Serikat per dosis pun tidak tepat,” kata Honesti.

Baca juga :  20 Kartunis Tuangkan Sketsa Denpasar dalam Kartun dan Karikatur

Honesti mengatakan biaya pengiriman tiap dosis vaksin tersebut sekitar dua Dolar Amerika Serikat. “Atas berita ini, Sinovac tengah menelusuri asal informasinya. Intinya, Bio Farma berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah menghadirkan vaksin Covid-19 dengan harga yang terjangkau untuk memberi perlindungan bagi penduduk Indonesia,” ujar Honesti dilansir dari laman bali.antaranew.com.

Honesti melanjutkan dalam surat resmi yang disampaikan oleh Sinovac, menyampaikan bahwa dalam penentuan harga vaksin Covid-19, ada beberapa faktor yang menentukan harga vaksin.

Salah satu faktornya adalah tergantung pada investasi pada studi klinis fase tiga terutama dalam uji efikasi dalam skala besar. “Demikian juga dengan penentuan harga di Indonesia, mengikuti prinsip-prinsip tadi. Dengan kata lain, skema pemberian harga vaksin Covid-19 ini, tidak dapat disamakan,” kata dia. 002

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.