Gerindra Tegaskan Komit di KRBB, Paket Diatmika-Muntra Tunggu Finalisasi

  • Whatsapp
DISEL Astawa saat menjalani coklit serentak oleh KPU Badung, beberapa waktu lalu. Foto: Ist
DISEL Astawa saat menjalani coklit serentak oleh KPU Badung, beberapa waktu lalu. Foto: Ist

MANGUPURA – Rasanya hanya masalah waktu saja wacana paket Diatmika-Muntra untuk di Pilkada Badung 2020 menjadi kenyataan. Gerindra sebagai bagian Koalisi Rakyat Badung Bersatu (KRBB) menegaskan komitmennya untuk mengusung paket itu sampai final diusung resmi. Hal teknis terkait komitmen antarpartai akan dibincangkan kemudian.

Ketua DPC Partai Gerindra Badung, Wayan Disel Astawa, Kamis (23/7/2020) menyatakan dia banyak kesempatan menyerukan sebagai pendukung KRBB. Bila kemudian dia dikatakan tidak mendukung calon yang dielus-elus koalisi bersama Golkar dan Nasdem, hal itu jelas keliru. “Gerindra tegak lurus dengan komitmen di KRBB. Namun, memang ada beberapa hal yang perlu dimatangkan di dalam,” cetus anggota Komisi 4 DPRD Bali tersebut.

Bacaan Lainnya

Masih ada sejumlah hal perlu dimatangkan, sambungnya, karena menyangkut kesepakatan dalam koalisi. Misalnya penentuan calon dan sebagainya. Sejauh ini, kata dia, secara resmi KRBB belum pernah bertemu atau berbincang langsung dengan Diatmika dan Muntra terkait pencalonan mereka. Hanya, dia menegaskan secara personal dia kenal dengan keduanya.

“Kalau sebagai ketua partai, saya belum bertatap muka dengan mereka. Tapi secara personal kenal, semua kawan baik. Berdasarkan KRBB sudah, tapi agreement (komitmen) masing-masing parpol memang belum,” urainya.

Baca juga :  Konsumsi BBM Turun, Elpiji Nonsubsidi Naik Saat Pandemi Covid-19

Disinggung ada rapat internal Gerindra yang menyebut ada opsi Gerindra akan mendukung petahana Giriasa, Disel balik bertanya siapa yang menyebut wacana itu? Meski tidak membantah lugas adanya isu opsi tersebut, dia menyebut partainya tetap dengan KRBB. Disel juga tak memungkiri belum ada komitmen apa-apa dengan Diatmika dan Muntra. Tetapi, bila sudah membentuk koalisi partai, maka itulah yang dituntaskan.

“Kalau paket itu sebagai calon, perlu rekomendasi masing-masing partai kan? Itu yang perlu ada pertemuan untuk memfinalkan (sebelum resmi diusung KRBB),” tandasnya.

Di kesempatan terpisah, Penasihat Gerindra, I Gusti Ketut Puriartha, mengakui ada aspirasi kader untuk mendukung kembali Bupati Nyoman Giri Prasta ke periode kedua. Opsi yang ada juga dengan berbagai pertimbangan, tapi partai secara resmi belum mengambil keputusan. Dia membenarkan memasang IGN Agung Diatmika dan I Wayan Muntra sebagai salah satu opsi juga.

“(Paket Diatmika-Muntra) itu masih jadi salah satu opsi, karena kami ketemu aja belum. Apakah mereka mau?” sebut politisi yang biasa disapa Gus Krobo itu. 

Untuk diketahui, KRBB yang dimotori Golkar, Nasdem dan Gerindra memiliki 25 persen suara di parlemen Badung. Golkar tujuh kursi, Nasdem satu kursi dan Gerindra dua kursi. Di kubu seberang, PDIP memiliki 28 kursi plus dukungan dua kursi dari Demokrat. hen/020

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.