Dua Maskapai Asing Siap Terbang ke Lombok

MASKAPAI Air Asia yang melayani rute Kuala Lumpur - Lombok - Kuala Lumpur bakal kembali beroperasi lagi melayani rute yang sempat terhenti akibat pemberlakuan lockdown pemerintah Malaysia selama pandemi Covid-19. Foto: ist
MASKAPAI Air Asia yang melayani rute Kuala Lumpur - Lombok - Kuala Lumpur bakal kembali beroperasi lagi melayani rute yang sempat terhenti akibat pemberlakuan lockdown pemerintah Malaysia selama pandemi Covid-19. Foto: ist

MATARAM – Management Bandara Internasional Lombok (BIL) mengaku, telah siap menerima kedatangan pesawat dari berbagai negara di dunia. Hal itu seiring rencana pemerintah pusat yang telah membuka sepuluh bandara di Indonesia untuk kedatangan maskapai penerbangan luar negeri.  Apalagi, kini telah tersedia enam jalur imigrasi untuk pemeriksaan paspor, empat jalur pemeriksaan bea cukai, dan dua conveyor belt pengambilan bagasi di bandara Lombok.

Humas PT Persero Angkasa Pura I BIL, Arif Haryanto, mengatakan, hingga saat ini, maskapai yang telah menginformasikan rencana penerbangan internasional ke bandara Lombok adalah AirAsia dan Scoot Tigerair. AirAsia dengan rute Kuala Lumpur – Lombok – Kuala Lumpur dan Scoot Tigerair rute Singapura – Lombok – Singapura.

Bacaan Lainnya

‘’Hingga kini, kami masih menunggu kesiapan pihak maskapai mengenai tanggal operasionalnya. Tapi yang jelas ada dua maskapai yang sudah siap terbang ke Bandara Lombok, yakni AirAsia dan Scoot Tigerair,’’ ujar Arif kepada wartawan, Sabtu (9/4/2022).

Ia mendaku, pihaknya sudah siap menyambut kembali kedatangan wisatawan mancanegara. Terlebih, sebelum pandemi Covid-19, rata-rata 8.000 penumpang datang dan pergi di Bandara Internasional Lombok setiap harinya.

‘’Kalau dulu,  lalu lintas penumpang itu berasal dari 80 penerbangan, dengan rincian 40 lepas landas dan 40 mendarat. Sekarang, jumlah penumpang di bandara Lombok sekitar 4.000 orang per harinya,’’ jelas Arif.

Baca juga :  Selama COVID-19, Ekspor-Impor di Bali tetap Jalan

Maskapai AirAsia dan SilkAir pernah melayani penerbangan ke Bandara Internasional Lombok. AirAsia memiliki dua rute berbeda, yakni dari Kuala Lumpur, Malaysia dan Perth, Australia Barat. ‘’Sedangkan, SilkAir melayani penumpang dari Singapura dan sebaliknya,’’ ucap Arif.

Sepanjang 2019, Jumlah wisatawan mancanegara yang tiba di Bandara Internasional Lombok mencapai 85.518 penumpang. Terbanyak dari Kuala lumpur 29.683 orang, Australia 14.254 orang, Cina 14.254 orang, Inggris 7.370 orang, Jerman 6.602 orang, Singapura 4.723 orang, dan Korea 1.711 orang. rul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.