Diprediksi Amblas 10 Tahun Lagi, Dikikis Longsor, Kondisi SMP 3 Bebandem Kian Menyedihkan

POSISI gedung SMPN 3 Bebandem di Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem kian mengkhawatirkan gegara makin terkikis akibat longsor beberapa waktu lalu. Foto: ist

KARANGASEM – Keberadaan SMPN 3 Bebandem di Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem kian menyedihkan. Posisi gedung sekolah sangat mengkhawatirkan gegara makin terkikis akibat longsor beberapa waktu lalu.

Kepala SMPN 3 Bebandem, I Made Wijana, Minggu (8/1/2023) mengatakan, ahli dari ITB Bandung dan BPBD Provinsi Bali sempat datang mengukur tingkat bahaya sekolah tersebut. Dari hasil prediksi Fakultas Teknik ITB, sekolah ini dalam 10 tahun mendatang akan amblas ke bawah jurang. Sebab, tanah pondasi tergerus terbawa air Sungai Bah Api yang letaknya di bawah sekolah.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, padmasana sekolah amblas ditelan jurang. Berapa ruang seperti Lab Komputer, Lab IPA, dan ruang OSIS dikosongkan karena dikhawatirkan ikut amblas. Kantin sekolah dan toilet tidak dapat dipakai, dan karena ada retakan baru, beberapa ruangan kembali dikosongkan.

Retakan baru ada di sekitar ruang serbaguna sekolah, dan kelas 8C tidak dapat difungsikan. “Kebetulan sepekan ini murid libur. Tapi nanti jika sudah sekolah lagi, murid di kelas 8C ini akan kami pindahkan sementara belajar di ruang perpustakaan,” jelasnya.

Lebih jauh diutarakan, ITB Bandung bekerja sama dengan BPBD juga sudah melakukan pelatihan darurat untuk evakuasi. Hanya, dia masih khawatir dalam pengawasan para siswa. Karena meskipun sudah dapat pelatihan, tetap harus berkesinambungan dalam mengawasi. “Jarak aman untuk warga sekolah beraktivitas itu 29 meter dari sisi aliran sungai,” pungkasnya. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.