Dana-Artha Dipa Ucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H

BUPATI Karangasem, I Gede Dana, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa dan atas nama jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karangasem, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Foto: ist
BUPATI Karangasem, I Gede Dana, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa dan atas nama jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karangasem, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Foto: ist

KARANGASEM – Selama Bulan Ramadhan, Bupati Karangasem, I Gede Dana, bersama Wakil Bupati (Wabup) I Wayan Artha Dipa dan anggota Forkopimda menyelenggarakan Safari Ramadhan bertajuk “Bupati Menyapa”. Kegiatannya mengunjungi kampung-kampung muslim guna beranjangsana untuk mempererat tali silaturahmi dengan warga muslim di Bumi Lahar. 

Tradisi rutin Pemkab Karangasem yakni berbuka puasa bersama warga dan tokoh masyarakat muslim di Kantor Bupati, kini sedikit berubah. Bupati Dana dan Wabup Artha Dipa serta anggota Forkopimda balik mendatangi kampung-kampung muslim untuk menyapa nyame selam (saudara Islam) sekaligus bersilaturahmi dan menyerap aspirasi warga setempat. 

Bacaan Lainnya

Bupati Dana mengaku sangat mengapresiasi tradisi menyama braya yang masih sangat kuat dan kental di kalangan umat muslim dan umat Hindu di Karangasem. “Ini patut dijaga dengan baik, sehingga kehidupan harmonis bisa berlangsung dan terus terjaga,” pesannya, Kamis (28/4/2022). 

Banyak tradisi dilaksanakan umat muslim di Karangasem, terutama saat berbuka puasa bersama. Antara lain tradisi megibung di Banjar Saren Jawa, tradisi medulang di Kampung Gerembeng Atas, tradisi ngandang di Kampung Karangtebu. Masih banyak tradisi lainnya yang merupakan akulturasi dan tradisi masyarakat di Karangasem. 

Beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, warga muslim di Karangasem mulai melakukan berbagai persiapan untuk merayakan hari kemenangan. Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Karangasem akan menggelar Shalat Ied di Lapangan tanah Aron, Amlapura. Terkait kegiatan ini, Pemkab Karangasem akan memfasilitasi. Sementara untuk kegiatan takbiran keliling, untuk tahun ini PHBI Karangasem memutuskan untuk meniadakannya. 

Baca juga :  Grab Cegah Pengemudi Berkerumun dengan Teknologi Geofencing

Terkait perayaan Idul Fitri yang masih dalam masa pandemi Covid-19, Bupati Dana menyerukan setiap kegiatan ibadah agar tetap memperhatikan protokol kesehatan, terutama mengenakan masker. Tapi itu dinilai tidak mengurangi kekhusyukan dan keceriaan Lebaran.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya Bupati Karangasem, I Gede Dana, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa dan atas nama jajaran pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karangasem, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin,” ucap Gede Dana. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.