Cegah Banjir, Sodetan Akan Dibangun di Beberapa Titik di Buleleng

  • Whatsapp
PETUGAS dari Dinas PUTR Buleleng membersihkan sampah yang menyumbat saluran air di drainase wilayah Singaraja. Foto: ist

BULELENG – Banjir yang terjadi di beberapa titik wilayah Buleleng belum lama ini dikarenakan tumpukan sampah di saluran drainase.

Dalam menanggulangi luapan air akibat hujan lebat, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng menurunkan ratusan petugas untuk membersihkan sampah yang telah menyumbat saluran air di drainase wilayah Singaraja.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas PUTR Buleleng, Putu Adiptha Ekaputra, mengatakan, hujan deras ditambah sumbatan sampah membuat air di saluran drainase meluap.

Adanya tumpukan sampah pada saluran drainase membuat jalannya laju air terhenti. Dinas PUTR segera akan melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng dan para perbekel untuk menggelar aksi kebersihan lingkungan.

“Perlu peran serta semua pihak untuk mengatasi banjir yang telah melanda Buleleng, terutama untuk menjaga kebersihan. Kami ingin masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, tidak lagi membuang sampah sembarangan,” ujar Adiptha Ekaputra, Rabu (17/11/2021).

Meski demikian, dia menyadari sulit mengatasi banjir akibat alam. Oleh karena itu, upaya antisipasi sebelum banjir sangat penting dilakukan. Ke depan, pihaknya juga akan membangun sodetan di beberapa titik drainase untuk mengurangi kemungkinan besar terjadi banjir saat intensitas hujan tinggi.

Baca juga :  Tamu Hotel Padma Resort Kolaps di Kamar, Akhirnya Meninggal Dunia

“Nanti kami akan membuat sodetan agar wilayah Kampung Anyar bisa dikurangi luapan airnya ketika hujan lebat. Daerah itu memang titik terendah di Singaraja, pasti terjadi banjir jika hujan lebat. Namun kami akan terus berupaya untuk dapat mengurangi banjir,” pungkas Adiptha Ekaputra. rik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.