Camat Kuta Terapkan Buku Tamu Digital

  • Whatsapp
Foto: NYOMAN Rudiarta (kiri) menunjukkan kode QR yang dipasang di pintu masuk utama kantor Camat Kuta. Foto: gay
Foto: NYOMAN Rudiarta (kiri) menunjukkan kode QR yang dipasang di pintu masuk utama kantor Camat Kuta. Foto: gay

MANGUPURA, – Seiring penerapan kehidupan era baru dengan mengimplementasian protokol kesehatan, kantor Camat Kuta menerapkan sistem buku tamu digital dengan menggunakan pindai kode QR. Masyarakat yang ada urusan ke kantor Camat Kuta diminta memindai kode QR melalui ponsel yang dibawa, untuk kemudian mengisi formulir data diri secara e-paper atau kertas elektronik.

Menurut Camat Kuta, Nyoman Rudiarta, buku tamu digital tersebut merupakan inovasi yang diterapkan mengantisipasi merebaknya Covid-19. Konsepnya yakni meminimalisir adanya kontak fisik. Aplikasi tersebut juga untuk mempermudah pelacakan pengunjung bila seandainya ada yang diketahui terpapar Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Data yang diisi dalam form yang disediakan itu akan tercatat di dalam data kecamatan. Jadi, informasi ini akan akurat dan pastinya dirahasiakan. Ketika ada salah seorang saja yang diketahui positif Covid-19, ini akan kami informasikan secara pribadi kepada masyarakat yang saat itu datang agar mereka bisa cepat memeriksakan diri,” terangnya, Selasa (21/7).

Formulir register yang wajib diisi pengunjung itu, berisi data tentang identitas diri, no ponsel dan alamat yang bersangkutan. Jika hal itu diisi dengan benar, akan menjadi data bagi kecamatan mempermudah pelacakan. Untuk itu dia berharap setiap pengunjung kantor Camat Kuta mengisi data diri dalam aplikasi secara jujur. Semuanya demi kenyamanan dan keamanan bersama, yang memerlukan kesadaran kolektif dalam mempertanggungjawabkan kesehatan masing-masing.

Baca juga :  Timnas SEA Games Ditarget Menang Lawan Tira Persikabo dan Bali United

“Ini era digitalisasi, tentu kita harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Tapi jangan lantas melakukan manipulasi data, tanggung jawab dan kepercayaan itu penting,” pesannya.

Sekcam Kuta, Made Agus Suantara, menambahkan, pengisian form secara digital tersebut wajib dilakukan. Pengisian kode QR ditempatkan di depan pintu masuk kantor Kecamatan Kuta setelah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Layanan ini diaktifkan mulai kemarin, tapi ini dirancang sejak seminggu lalu. “Walaupun pindai kode QR ini wajib, tapi kita juga tetap sediakan laporan konvensional. Tapi itu hanya bagi warga yang tidak memiliki smartphone (ponsel pintar),” ulasnya menandaskan. 023

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.