BMPS Gianyar Siap Jalin Kemitraan dengan Pemkab Gianyar

PELANTIKAN Pengurus BMPS Kabupaten Gianyar periode tahun 2021-2026 di Pade Wareg Eco Parka, Sanding Tampaksiring, Kamis (21/4/2022). Foto: ist

GIANYAR – Pengurus Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kabupaten Gianyar periode tahun 2021 -2026 dilantik Ketua BMPS Provinsi Bali, Kamis (21/4/2022) di Pade Wareg Eco Parka, Sanding Tampaksiring. Pelantikan dihadiri Asisten 1 Setda Gianyar mewakili Bupati Gianyar, Ketua DPRD Gianyar, ketua yayasan dan kepala sekolah perguruan swasta di Gianyar.

Ketua BMPS Kabupaten Gianyar, I Wayan Suka, mengatakan, keberlanjutan perguruan swasta di Gianyar tidak hanya menjadi tanggung jawab perguruan itu sendiri, tapi perlu campur tangan pemerintah. “Perguruan swasta menjadi salah satu aset atau mitra kerja pemerintah dalam bidang pendidikan,” serunya.

Bacaan Lainnya

Diungkapkan, dengan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), banyak perguruan swasta yang tidak mendapatkan siswa. “Kita harapkan dalam PPDB tahun ini pemerintah proporsional, sehingga perguruan swasta juga mendapat siswa,” pintanya.

Ketua BMPS Provinsi Bali, Gede Ngurah Ambara Putra, menambahkan, masa pandemi berpengaruh terhadap dinamika pendidikan, salah satunya animo masyarakat yang memprioritaskan pilihan pada perguruan negeri dengan alasan biaya pendidikan.

Dinamika ini tidak dapat dijadikan alasan untuk berhenti berkontribusi membangun sumber daya manusia, dan membangun citra sekolah yang semakin baik hingga rebranding baru.

Baca juga :  Lewati Tes Jasmani, Paslon Pilkada Denpasar Ditunggu Tes Psikologi

Untuk, sebutnya, perguruan swasta dinilai perlu saling bergandengan tangan, berkomunikasi dan berkolaborasi, serta terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas. Pula mampu melahirkan kader-kader bangsa yang cerdas, inovatif, terampil, mandiri dan berkarakter.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Pemkab Gianyar, I Ketut Mudana, menimpali, dengan dibentuknya BMPS, dia mengharap perguruan swasta berperan aktif dalam dunia pendidikan.

Selain itu bersaing dalam artian positif untuk mendapatkan siswa sebanyak banyaknya. “Juga berinovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga mampu bersaing dengan sekolah negeri,” pesannya.

Ketua DPRD Gianyar, I Wayan Tagel Winarta, menyambut baik adanya BMPS sebagai wadah sekolah sekolah swasta di Gianyar. Dia akan mendorong agar terjalin kemitraan antara pemerintah dan BMPS.

“Kami akan carikan solusi, sehingga perguruan swasta yang ada di Gianyar tidak sampai tutup, dan setiap tahun mendapatkan siswa baru sebanyak- banyaknya,” janjinya. adi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.