Binda Bali Vaksinasi Massal di Karangasem

  • Whatsapp
VAKSINASI Covid-19 yang digelar Binda Bali di SMKN 1 Amlapura, Kamis (9/12/2021). Foto: ist

KARANGASEM – Badan Intelijen Nasional Daerah (Binda) Bali menggelar vaksinasi Covid-19 massal di SMKN 1 Amlapura, Kamis (9/12/2021).

Wakil Bupati (Wabup) Karangasem, I Wayan Artha Dipa, hadir meninjau vaksinasi yang juga dilakukan door to door tersebut, sembari mengucapkan terima kasih dan apresiasi Binda Bali yang ikut serta mempercepat vaksinasi Covid-19 menyasar para pelajar, lansia dan penyandang difabel di Karangasem.

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, program vaksinasi merupakan arahan Presiden Joko Widodo untuk keselamatan bangsa. “Vaksin di samping menyelamatkan diri kita sendiri, juga menyelamatkan orang lain, terutama keluarga terdekat kita,” sebutnya.

Artha Dipa juga menyebutkan, target vaksinasi di Karangasem sudah tercapai. Vaksin tahap pertama mencapai 89 persen lebih, digabung penduduk di luar daerah, maka target vaksinasi hampir 100 persen. Sementara vaksin tahap kedua sudah mencapai 76 persen lebih.

“Kita bekerja sama dengan seluruh komponen dan jajaran, termasuk dengan BIN Daerah Bali saat ini, untuk terus menyosialisasikan, memberi rangsangan supaya masyarakat memahami tujuan pemerintah. Karena tujuan pemerintah itu menyelamatkan demi kesehatan,” tegasnya.

Kendala dalam pelaksanaan vaksinasi, dia menyebut memang ada masyarakat, terutama lansia, yang belum berani divaksin karena memiliki penyakit bawaan atau komorbid. Selain itu, ditemukan pula kendala bagi para penyandang difabel yang tidak memiliki sanak keluarga untuk mengantar mereka.

Baca juga :  Bupati Suwirta Terus Gelorakan Kepatuhan Memilah dan Membuang Sampah

Jadi, menurutnya, dengan program door to door alias dari rumah ke rumah yang digagas BIN Daerah Bali, diharap dapat meningkatkan capaian target nasional tuntas vaksin, khususnya di Bali dan Karangasem.

Kepala BIN Daerah Bali, Brigjen Hadi Purnomo, mengungkapkan, program vaksinasi massal dan door to door ini ditargetkan kepada 13.600 orang. Kegiatan yang sama dilaksanakan di hampir seluruh kabupaten di Bali. Untuk Karangasem, sebutnya, dipasok 1.250 dosis vaksin dengan target capaian 60 persen.

Jenis vaksin yang disiapkan yakni Sinovac dari BIN, sedangkan bantuan Dinas Kesehatan Provinsi Bali jenis Astrazeneca sebanyak 250 dosis. ”Kami siap bersinergi dengan pemerintah daerah untuk melaksanakan vaksinasi tahap ketiga,” tutupnya.

Pelaksanaan vaksinasi massal ini melibatkan 16 tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Karangasem, dan 27 tenaga kesehatan dari Polres Karangasem. Untuk pengamanan diturunkan 4 personel TNI, 35 personel Polri, dan 11 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser). nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.