Bagi Rapor-Libur Siswa Tunggu Instruksi Kemendikbudristek

  • Whatsapp
Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya. Foto: tra
Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya. Foto: tra

DENPASAR – Pemerintah membatalkan ketentuan pemunduran jadwal pembagian rapor untuk semester satu tahun ajaran 2021/2022 yang harus dilakukan pada Januari 2022. Jadwal pembagian rapor kembali diserahkan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 Dan Tahun Baru Tahun 2022. ‘’Pelaksanaan pembagian rapot semester 1 (satu) dan libur sekolah diatur lebih lanjut oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi,” bunyi Inmendagri tersebut nomor kedua huruf b dikutip CNNIndonesia, Jumat (10/12/2021).

Bacaan Lainnya

Pembagian rapor semester satu tahun ajaran 2021/2022 mulanya akan dilakukan pada Desember. Namun, pemerintah mengundur pelaksanaan tersebut menjadi Januari bertepatan dengan tahun ajaran baru. Dengan adanya Inmendagri baru, maka ketentuan jadwal pemunduran itu sudah tidak berlaku.

Selain itu, dalam Inmendagri yang baru, pemerintah juga menghapus aturan peniadaan libur Nataru. Pemerintah kembali menyerahkan aturan itu kepada Kementerian terkait. “Pelaksanaan ibadah dan peringatan Hari Raya Natal Tahun 2021 diatur lebih lanjut oleh Kementerian Agama,” bunyi Inmendagri itu nomor kedua huruf a.

Baca juga :  Disbud Bali Fasilitasi 50 Komunitas Pentas Virtual

Menanggapi hal itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya, menyatakan bahwa masih memberlakukan aturan sebelumnya. Ia menyatakan masih menunggu instruksi lanjutan dari Kemendikbudristek.

Sejauh ini, Disdikpora Kota Denpasar masih mengacu pada edaran dari Sekjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 29/2021 tentang penyelenggaraan pembelajaran Libur Nataru 2022 dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19.  Disdikpora Kota Denpasar pun telah mengeluarkan surat edaran dengan Nomor: 420/4816/DISDIKPORA/2021 tentang penyelenggaraan pembelajaran menjelang libur Natal 2021 dan tahun baru 2022.

‘’Jadi kami masih menunggu. Apakah ada perubahan atau tidak? Pembagian rapor Januari apakah ada perubahan atau tidak? Kami juga masih menunggu perkembangan dan edaran dari pemerintah pusat. Sementara ini kami tetap memakai acuan surat edaran sebelumnya,’’ ujar Eddy Mulya, Jumat (10/12/2021).

Sejauh ini, jelasnya, dia belum menerima instruksi dari pusat (Kemendikbud) untuk mengubah kembali jadwal penerimaan rapor dan libur semester 1 tersebut. Karena itu, pihaknya tetap menunggu instruksi Kemendikbud sesuai bunyi Inmendagri 66 Tahun 2021. Meski masih menunggu aturan dari pusat, Eddy Mulya memastikan jika keputusan meliburkan atau tidak meliburkan kegiatan sekolah tujuannya tetap untuk menekan mobilitas siswa dan masyarakat.

Diketahui, sebelumnya pemerintah berencana memberlakukan PPKM level 3 saat Nataru. Beberapa kegiatan diperketat, termasuk jadwal pembagian rapor dan libur Nataru. Namun, pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM level 3 Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pembatalan merujuk pada kondisi pandemi di Indonesia. tra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.