April 2023, Semua Fasilitas di Besakih Bisa Digunakan, Kunjungan Wisatawan Diprediksi Kembali Normal

ILUSTRASI - Sejumlah wisatawan saat mengunjungi kawasan Pura Besakih. foto: dok

KARANGASEM – Selama tahun 2022, tercatat 97.947 wisatawan domestik maupun mancanegara mengunjungi Pura Agung Besakih. Dengan selesainya penataan kawasan Pura Agung Besakih pada tahun 2023 ini, kunjungan wisatawan diprediksi meningkat pesat. Selain itu, seiring selesainya penataan mulai April 2023 mendatang, semua fasilitas di Besakih bisa digunakan.

Plt. Manajer Pengelolaan Kawasan Pura Agung Besakih, I Gusti Bagus Karyawan, mengatakan kunjungan wisatawan pada tahun 2022 baru mulai meningkat sekitar bulan Juni. Sebelumnya kunjungan masih minim, karena masih ada penataan kawasan Pura Agung Besakih.

Bacaan Lainnya

“Jika dikalkulasikan dari jumlah 97.947 wisatawan yang berkunjung di tahun 2022, 70 persen terjadi antara bulan Juni-Desember, dan hanya 30 persen antara bulan Januari-Mei,” kata Karyawan, Senin (9/1/2023).

Jumlah tersebut, menurut Karyawan, masih jauh di bawah saat masih belum adanya pandemi Covid-19. Kala itu setiap tahun jumlah kunjungan wisatawan ke Pura Agung Besakih biasanya lebih dari 100 ribu. Bahkan pernah sekali mencapai 200 ribu lebih dalam setahun.

Mengenai masih belum kembalinya tingkat kunjungan, dia mendaku bisa memaklumi. Meski angka kasus relatif terkendali, tapi tahun 2022 lalu masih dalam masa pandemi. Pura Agung Besakih juga masih dalam proses penataan.

Baca juga :  Bangli Siapkan Pasukan Operasi Lilin Agung 2020

Mulai rampungnya penataan Pura Agung Besakih, kata dia, ditandai dengan jalan sudah bagus, kawasan lebih tertata, tempat parkir luas, para pedagang sudah ditata dan masih banyak lagi fasilitas penunjang lainnya. Dengan kondisi itu wisatawan yang datang diprediksi lebih banyak lagi.

“Pada bulan April 2023 mendatang semua fasilitas yang ada sudah bisa digunakan maksimal, jadi kunjungan kami prediksi akan mengalami peningkatan. Karena para travel agent pasti akan mulai menjual paket tur ke Pura Agung Besakih dengan fasilitas yang ada,” pungkasnya dengan nada optimis. nad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.