Antisipasi Cuaca Ekstrem, Tabanan Siagakan Sarpras

  • Whatsapp
USAI memimpin apel gelar pasukan, Sekda Tabanan, I Gede Susila, mengecek kesiapan perlengkapan sarpras dalam upaya mengantisipasi cuaca ekstrem, Senin (6/12/2021) di Gedung Kesenian I Ketut Maria. Foto: ist

TABANAN – Sekda Tabanan, I Gede Susila, memimpin apel gelar pasukan kesiapan perlengkapan atau sarpras dalam upaya mengantisipasi cuaca ekstrem. Apel dilaksanakan di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Senin (6/12/2021).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab pemerintah atas keselamatan masyarakat, dan hadir dalam menjaga amanat penderitaan rakyat.

Bacaan Lainnya

Apel gelar pasukan tersebut juga dihadiri Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Ferry Adianto, Kasatpol PP I Gede Sukanada, Kalak BPBD Tabanan I Nyoman Srinadha Giri, dan OPD terkait.

“Apel gelar pasukan perlu dilakukan mengingat beberapa hari belakangan ini wilayah Tabanan sedang dilanda perubahan cuaca ekstrem, dan terjadi curah hujan yang tinggi disertai angin kencang dengan intensitas di atas normal,” kata Bupati Tabanan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Susila.

Dikatakan, Kabupaten Tabanan memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang memungkinkan terjadi bencana, baik yang disebabkan faktor alam, nonalam, maupun faktor manusia.

Apabila kondisi ini tidak diantisipasi, dapat menimbulkan korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis, yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan.

“Bencana alam tidak dapat diprediksi. Namun, kita bisa antisipasi guna mencegah dampak-dampak yang mungkin akan ditimbulkan. Untuk itu, diperlukan sinergitas semua pihak, guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana,” pintanya.

Baca juga :  Ada Lima Transmisi Lokal di Denpasar, Masyarakat Diminta Lebih Disiplin

Apel gelar pasukan perlengkapan sarpras diharapkan dapat dijadikan alat untuk mengukur kewaspadaan masyarakat, kesiapsiagaan diri maupun perlengkapan sapras, yang harus disiapkan untuk keselamatan masyarakat Tabanan.

Senada dengan Susila, Kapolres AKPB Ranefli dan Dandim Letkol Ferry menyebut, apel gelar pasukan perlengkapan sangat tepat dilakukan sebagai upaya antisipasi dalam situasi cuaca ekstrem.

“Kami selalu bersinergi, bekerja sama untuk mengantisipasi bencana yang akan timbul dalam suasana cuaca ekstrem ini, dan berharap dapat meminimalkan dampak dari bencana tersebut,” ujar Ranefli.

Gelar pasukan perlengkapan ini juga sebagai wujud kesiapsiagaan aparat terhadap perubahan cuaca ekstrem yang terjadi.

“Kami sinergikan potensi yang ada di Kabupaten Tabanan terkait penanggulangan bencana yang ada. Mulai dari personel maupun sarana dan prasarana yang ada, supaya dapat merespons dan bertindak dengan cepat untuk mengantisipasi setiap kejadian yang terjadi akibat cuaca ataupun kejadian-kejadian lainnya, sehingga dapat meminimalkan ataupun menghindari dampak yang lebih besar,” tegasnya. gap

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.