Anggaran HUT Bangli Terancam Norok, Pemkab Gali Potensi untuk Penuhi

BUPATI Sedana Arta saat menghadiri kegiatan HUT ke-818 Kota Bangli. Jadi masalah, anggaran HUT Bangli terancam norok, dan Pemkab Bangli pun harus menggali potensi untuk mengatasi kekurangan anggaran. Foto: ist

BANGLI – Peringatan HUT ke-818 Kota Bangli digelar meriah sebulan penuh, dengan berbagai kegiatan yang menyedot animo masyarakat berbondong-bondong menyaksikan hiburan.

Hanya, sesuai laporan Ketua Panitia, Dewa Agung Bagus Riana Putrasaat resepsi HUT Kota Bangli, Selasa (10/5/2022), anggaran kegiatan HUT Bangli dari sumbangan sukarela belum sepenuhnya terkumpul.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh disampaikan Putra, sesuai pertanggungjawaban transparansi anggaran, semua pembiayaan kegiatan HUT Bangli nihil dari APBD Bangli. Anggaran bersumber dari sumbangan sukarela Bupati Bangli, Wakil Bupati, Sekda, pimpinan OPD, seluruh ASN dan PTT/GTT di Bangli, serta donatur dan sponsor.

“Sesuai rencana, kegiatan dari tanggal 16 April sampai 28 Mei butuh anggaran sebesar Rp1,4 miliar lebih. Sementara hingga Selasa malam, anggaran yang terkumpul baru Rp1,046 miliar,” terangnya, Rabu (11/5/2022).

Kegiatan yang paling banyak menyedot anggaran, sebutnya, yakni konsumsi. Misalnya konsumsi untuk 1.000 siswa semafor mulai dari gladi hingga tampil tanggal 10 Mei. Selain itu, juga parade budaya yang diberi konsumsi dari gladi hingga tampil pada malam resepsi.

Untuk mengatasi kekurangannya, dia berujar masih akan berupaya menggali potensi yang ada. “Kami masih menunggu sumbangan donatur. Selain itu, kami akan melakukan perpanjangan masa sewa tempat stan makanan dan UMKM,” jelasnya.

Baca juga :  TNI Bantu Masyarakat Bikin Tanggul di Pantai Lovina

Sewa yang diberikan berlaku 10 hari hingga tanggal 16 Mei, dengan biaya sewa Rp3,5 juta untuk stan makanan sebanyak 47 unit. Sementara untuk 25 stan UMKM dipungut sewa Rp2,5 untuk setiap stan.

Hasil sewa stan makanan terkumpul Rp164 juta lebih, dan setelah dikurangi biaya sewa tenda, tagihan rekening air dan listrik, terkumpul Rp94 juta. Khusus untuk stan UMKM terkumpul bersih sebesar Rp22 juta.

Putra mendaku optimis hingga akhir kegiatan akan mampu menutupi seluruh kekurangan anggaran. “Kami harapkan hingga tanggal 28 Mei, seluruh kebutuhan anggaran bisa ditutupi. Minimal mencapai BEP (break event point), bahkan bisa melebihi,” harapnya.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, dalam sambutannya mengatakan, rangkaian HUT Bangli diawali persembahyangan bersama di Pura Kehen.

Kemudian dilanjutkan berbagai kegiatan seperti pameran bonsai, koi, motor antik, serta pentas anjing kintamani. Ada juga penebaran bibit ikan dan pelbagai lomba, serta pagelaran menampilkan musisi lokal.

Juga pementasan seni budaya yang lama hilang, akan ditampilkan seniman legendaries drama gong dan arja. “Ini bertujuan melestarikan agar tetap terjaga dan tidak punah seperti drama gong, arja dan pameran seperti ogoh-ogoh mini dan kria topeng klasik,” ungkapnya. gia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.